Senin 08 May 2023 15:19 WIB

Pembangunan Asrama Haji Tahap Pertama di Kota Tangerang Selesai

Asrama haji itu nantinya hanya untuk pemulangan jamaah haji asal Banten.

Calon jamaah haji kloter 5 asal Kota Tangerang. Pembangunan Asrama Haji Tahap Pertama di Kota Tangerang Selesai.  (Republika/Yasin Habibi)
Calon jamaah haji kloter 5 asal Kota Tangerang. Pembangunan Asrama Haji Tahap Pertama di Kota Tangerang Selesai. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pembangunan asrama haji tingkat Provinsi Banten yang berlokasi di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang untuk tahap pertama sudah selesai, yakni tiga lantai dan saat ini sedang tahap kedua hingga selesai pada 2024.

"Tahap pertama sudah selesai tiga lantai, kemudian di tahun ini akan berjalan pembangunan tahap kedua dan pada 2024 untuk tahap ketiganya," kata Kepala Kemenag Kota Tangerang Samsudin, Senin (8/5/2023).

Baca Juga

Pernyataan itu juga disampaikannya saat menutup acara Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Tangerang Tahun 1444 Hijriyah/2023 M, Ahad (7/5/2023). Ia menjelaskan Pemkot Tangerang telah menghibahkan tanah seluas 4,4 hektare kepada Kementerian Agama untuk pembangunan asrama haji tingkat Provinsi Banten.

"Sesuai keinginan wali kota, agar asrama haji di tahun 2023 dapat dipergunakan. Namun, hanya untuk pemulangan jamaah haji asal Banten," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah asal Kota Tangerang tentunya akan semakin berjalan lebih efektif jika pembangunan asrama haji Provinsi Banten di Kota Tangerang yang hampir rampung bisa segera digunakan.

"Mengingat keberangkatan jamaah haji melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang notabene berada di Kota Tangerang ini dapat mempermudah mobilisasi para jamaah haji," ujarnya.

Selain itu, wali kota meminta kepada 1.500 orang calon haji bisa saling bantu antarjamaah ketika berada di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. "Di sini kalau ada keadaan darurat bisa telepon 112, tapi bila di sana kan jauh dari Tanah Air. Saya pesan pada bapak, ibu semua agar saling jaga terutama dengan saudara kita sesama warga Indonesia khususnya jamaah haji asal Kota Tangerang," katanya.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sahrudin menjelaskan ibadah haji ini bukanlah ibadah yang biasa melainkan karena panggilan Allah SWT. Oleh karena itu harus ditunaikan dan dilaksanakan dengan khusyuk dan menjaga sikap serta perilaku ketika nanti menginjakkan kaki di Tanah Suci.

"Perhatikan dengan baik, karena ini semua adalah petunjuk, tata cara agar nantinya kita dapat menjadi haji yang mabrur. Karena itu rukun hajinya harus sesuai. Kondisi fisik juga harus dipersiapkan karena ibadah ini membutuhkan kondisi fisik yang fit dan juga prima," katanya.

Ia menegaskan Pemkot Tangerang berkomitmen terus mendukung dan memfasilitasi berbagai program serta kegiatan untuk masyarakat di Kota Tangerang termasuk kegiatan keagamaan khususnya terkait dengan pemberangkatan calon haji.

"Kami apresiasi segala upaya Kemenag karena sinergi dan kolaborasinya dengan Pemkot Tangerang ini dapat terselenggara kegiatan manasik haji yang nantinya dapat memberikan bekal ilmu dan wawasan bagi jamaah haji kita di sana," kata Sahrudin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement