Senin 08 May 2023 23:15 WIB

Kementerian Kesehatan Saudi Menghentikan Pelacakan COVID-19

Pelacakan covid-19 dihentikan Arab Saudi.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Kementerian Kesehatan Saudi Menghentikan Pelacakan COVID-19. Foto:   Ilustrasi menurunnya jumlah kasus Covid-19 pada tahun 2022.
Foto: www.freepik.com
Kementerian Kesehatan Saudi Menghentikan Pelacakan COVID-19. Foto: Ilustrasi menurunnya jumlah kasus Covid-19 pada tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH — Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah menghentikan pelacakan dan penghitungan kasus infeksi virus corona di dasbor situs web resminya. Situs web selanjutnya akan memposting instruksi dan pedoman jika melihat gejala apa pun alih-alih menunjukkan jumlah infeksi harian.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (8/5/2023), keputusan kementerian mengikuti pengumuman oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang berakhirnya situasi darurat global untuk COVID-19. 

Baca Juga

Direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, baru-baru ini menyatakan berakhirnya COVID-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, namun demikian dia menekankan bahwa bukan berarti penyakit itu bukan lagi ancaman global.

Kementerian Kesehatan telah mencapai kesuksesan besar dalam menghadapi krisis virus corona, berkat upaya proaktif dan luar biasa yang memenangkan pengakuan global. 

 

Upaya ini termasuk penyediaan perawatan gratis untuk semua warga negara Saudi dan ekspatriat tanpa kecuali, termasuk pelanggar izin tinggal (iqama), serta meningkatkan kapasitas semua layanan dan fasilitas kesehatan di unit perawatan intensif, klinik, dan rumah sakit, selain menyediakan semua kemampuan dan layanan yang diperlukan dalam hal obat-obatan, vaksin, laboratorium, peralatan dan peralatan dalam periode waktu singkat, dan memobilisasi sistem teknis untuk menghadapi pandemi.

Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi (SDAIA) mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan, segera setelah merebaknya pandemi virus corona, inisiatif dan layanan elektronik yang telah berkontribusi secara signifikan untuk mengendalikan krisis dan mengurangi kerusakan kesehatannya. 

Ini termasuk Indeks Covid-19 Saudi, yang dibuat bersama oleh SDAIA dan Kementerian Kesehatan dan yang berusaha menganalisis dan mengantisipasi penyebaran virus corona menggunakan teknik kecerdasan buatan dan analisis statistik lanjutan, dan membantu pada saat itu mendeteksi infeksi virus corona pertama di Kerajaan.

Indeks COVID-19 Saudi telah berperan penting dalam mendukung pembuat keputusan dengan mengantisipasi peristiwa dan membentuk pandangan masa depan yang akurat tentang perkembangan dan penyebaran pandemi di Kerajaan, mempelajari kapasitas penyerapan sektor kesehatan dan mengantisipasi kebutuhan masa depan akan sumber daya kesehatan dalam jangka pendek dan panjang.

Peran aplikasi Tawakkalna, yang merupakan Aplikasi Pelacakan Kontak Saudi resmi yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan, sangat signifikan, dalam mencegah penyebaran virus corona dan memverifikasi atau memberikan bukti status vaksinasi individu dan menunjukkan infeksi saat ini, atau riwayat infeksi. Aplikasi, yang dikembangkan oleh Pusat Informasi Nasional, menyediakan informasi instan dan langsung tentang jumlah infeksi virus corona di Kerajaan.

Aplikasi ini telah berperan penting dalam melakukan rekor jumlah 97 juta verifikasi dan 400 juta transaksi harian. Jumlah pengguna aplikasi, termasuk individu dan sektor, mencapai 31 juta, dan sebanyak 40 lembaga pemerintah berpartisipasi dengan aplikasi. Ini telah melakukan 190 inisiatif lokal dan internasional. Aplikasi ini juga membantu mengadakan 39.000 pertemuan jarak jauh dengan 309.000 peserta, dan ada 22 bahasa yang didukung oleh aplikasi.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/632267/SAUDI-ARABIA/Saudi-Ministry-of-Health-halts-COVID-19-tracking

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement