Kamis 11 May 2023 23:33 WIB

Kemenag Riau: Haji Tahun ini Tiadakan Pendampingan Mahram

Pendampingan mahram untuk haji tahun ini ditiadakan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Kemenag Riau: Haji Tahun ini Tiadakan Pendampingan Mahram. Foto: Bus shalawat untuk jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Kemenag Riau: Haji Tahun ini Tiadakan Pendampingan Mahram. Foto: Bus shalawat untuk jamaah haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin, mengatakan pada musim haji tahun ini ditiadakan pendampingan Mahram.

Mahyudin menyebut kebijakan ini ada beberapa tahun yang lalu yakni ada pendampingan mahram atau pendampingan lansia.

Baca Juga

"Tahun ini kebijakan tersebut ditiadakan dengan cara Kementerian Agama membentuk satu bidang di Daerah Kerja Mekkah, Daerah Kerja Madinah ataupun Daerah  Kerja Bandara yaitu bidang yang khusus menangani lansia," kata Mahyudin, Kamis (11/5/2023)

Menurut Mahyudin, nanti akan ada PPIH Arab Saudi yang menangani lansia dan itu juga ditugaskan 10 orang di masing – masing sektor.

 

Mahyudin menyebut dengan tidak adanya pendampingan mahram atau pendampingan lansia menuntut petugas haji untuk bekerja ekstra memberikan pelayanan.

“utamakan memberikan pelayanan kepada Jemaah haji, baru para petugas melaksanakan Haji, artinya tugas utamakan haji nomor dua,” ujar Mahyudin.

Sebagaimana dikutip dari pernyataan Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat, bahwa Kementerian Agama sudah mempersiapkan  langkah mitigasi terlebih tidak adanya pendampingan jamaah haji.

"Kami telah siapkan langkah mitigasi layanan jamaah lansia. Apalagi, tidak adanya pendamping jamaah lansia dan penggabungan mahram sejumlah inovasi telah disiapkan, termasuk menyiapkan struktur khusus dalam organisasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) tahun ini,” ucap Arsad.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement