Jumat 12 May 2023 19:53 WIB

PPIH Embarkasi Banjarmasin Terapkan Layanan Satu Pintu di Asrama Haji

Asrama haji di Banjarmasin sudah siap untuk pemberangkatan jamaah haji.

Ilustrasi jamaah haji.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, menerapkan layanan satu pintu atau One Stop Servis di asrama haji bagi calon jamaah haji 2023.

"Fokus utama layanan ini tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan bagi jamaah haji dalam mengikuti rangkaian kegiatan selama berada di asrama haji," ujarnya di Banjarmasin, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga

Tambrin menyampaikan, sudah menjadi agenda rutin pada tahun tahun sebelumnya ada beberapa kegiatan yang harus diikuti jamaah haji selama berada di asrama haji. Di antara kegiatan tersebut, ungkap Tambrin, penerimaan kedatangan, pemeriksaan kesehatan, penyerahan dokumen, pembagian living cost, pembagian gelang, pembinaan petugas, hingga proses pemberangkatan.

"Semua kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan dalam jadwal yang masing-masing," ucapnya.

Nah, untuk tahun ini, kata Tambrin, tidak lagi demikian, dicoba untuk menggabungkan beberapa kegiatan tersebut dalam satu momen pertemuan, hingga menjadi layanan satu pintu atau One Stop Servis. "Misalnya kegiatan penyerahan dokumen, penyerahan living cost, penyerahan gelang dan pemeriksaan kesehatan kita jadikan satu momen kegiatan, sehingga jamaah haji tidak perlu bolak balik mengikuti berbagai kegiatan itu," terangnya.

Dengan layanan one stop service ini lebih memungkinkan untuk memberikan kesempatan kepada jemaah calon haji lebih banyak punya waktu untuk istirahat di asrama haji."Harapannya, jamaah haji dengan kondisi yang lebih siap dan tidak kelelahan menjelang keberangkatan," kata Tambrin.

Dia menyebutkan, secara umum PPIH Embarkasi Banjarmasin sudah melakukan persiapan dengan maksimal.Di mana Kloter pertama jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin akan mulai memasuki Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru pada tanggal 28 Mei 2023. "Kloter pertama haji Kalsel diberangkatkan sesuai jadwal sementara pada 29 Mei 2023 ke Madinah," ujarnya.

Operasional keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatakan 17 Kloter, dengan rincian Kloter jamaah haji Kalsel sebanyak 12 Kloter penuh dengan kuota haji sebanyak 3.818 orang.

Sedangkan jamaah haji Kalteng yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak 4 Kloter dan ditambah 1 Kloter Gabungan Kalsel dan Kalteng.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement