Ahad 21 May 2023 04:44 WIB

Jamaah Haji Malaysia Mulai Berangkat ke Makkah Hari Ini

Jumlah jamaah haji Malaysia tahun ini 31.600.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah Haji Malaysia Mulai Berangkat ke Makkah Hari Ini. Foto
Foto: Malaysian Digest
Jamaah Haji Malaysia Mulai Berangkat ke Makkah Hari Ini. Foto

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG -- Gelombang pertama jamaah haji Malaysia akan berangkat ke tanah suci Makkah hari ini, Ahad (21/5/2023). Sebanyak 284 jamaah haji gelombang pertama berangkat menggunakan Malaysia Airlines.

Penerbangan Malaysia Airlines MH8056 dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) ke Madinah akan berangkat pukul 2.05 pagi waktu Malaysa dan diharapkan tiba di Bandara Internasional King Mohammad Bin Abdulaziz pada pukul 5.50 pagi waktu setempat.

Baca Juga

Upacara keberangkatan kelompok peziarah pertama dihadiri oleh direktur pelaksana kelompok Tabung Haji (TH) dan chief executive officer Syed Hamadah Syed Othman dan direktur eksekutif TH Haj dan kepala kelompok haji Malaysia Datuk Seri Syed Saleh Syed Abdul Rahman.

Syed Hamadah mengatakan total 31.600 peziarah, yang merupakan kuota penuh resmi negara itu, akan berangkat ke Tanah Suci untuk memenuhi pilar kelima Islam.

 

"Alhamdulillah, operasi haji tahun ini sudah kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Insya-Allah, TH siap memfasilitasi semua peziarah haji lokal dengan kerja sama pejabat haji termasuk staf dari instansi lain untuk memastikan perjalanan mereka berjalan lancar," ujarnya dilansir dari Bernama, Ahad (21/5/2021).

Hari Wukuf (9 Zulhijah) diperkirakan akan jatuh pada hari Selasa, 27 Juni.

Penerbangan kembali terakhir akan dilakukan pada 1 Agustus. Sebanyak 98 penerbangan sewaan khusus yang melibatkan Malaysia Airlines dan Saudia Airlines akan digunakan, dibandingkan dengan hanya 48 penerbangan tahun lalu.

Delapan stasiun keberangkatan akan digunakan untuk peziarah di seluruh Malaysia untuk pelaporan mandiri, yaitu Kota Bharu, Kelantan; Kuala Terengganu, Terengganu; Alor Setar, Kedah; Bayan Lepas, Penang; Senai, Johor; Kuching, Sarawak; Kota Kinabalu, Sabah dan KLIA.

Sumber:

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2190840

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement