Ahad 21 May 2023 15:49 WIB

Mudah Kok Aktifkan Paket Roaming Sebelum Berangkat Haji, Begini Caranya

Masih ada waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan menuju Tanah Suci.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Umroh Abhinaya Tour & Travel bersiap melakukan miqat umroh di Masjid Bir Ali, Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Mudah Kok Aktifkan Paket Roaming Sebelum Berangkat Haji, Begini Caranya
Foto: Republika/Prayogi
Jamaah Umroh Abhinaya Tour & Travel bersiap melakukan miqat umroh di Masjid Bir Ali, Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Mudah Kok Aktifkan Paket Roaming Sebelum Berangkat Haji, Begini Caranya

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Gelombang I jamaah haji Indonesia dijadwalkan berangkat pada 24 Mei mendatang. Jelang keberangkatan,  masih ada waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan menuju Tanah Suci.

Salah satunya, mengaktifkan paket data di ponsel. Saat ini, kehadiran teknologi komunikasi semakin memudahkan jamaah. Seperti aplikasi Instant Massanger (pesan instant) semisal WhatsApp, Telegram, dan lainnya.

Baca Juga

Kehadiran aplikasi ini dinilai jauh lebih efisien ketimbang pulsa konvensional seperti telepon. Namun, bukan berarti opsi ini tak dipilih.

Ada sebagian dari jamaah yang masih menggunakan fitur konvensional seperti telepon dan pesan singkat (SMS). Paket ini juga ditawarkan setiap operator dengan benefit yang bisa dipilih jamaah.

 

Untuk itu, Republika.co.id berbagi kiat kepada jamaah guna memilih opsi yang sesuai kebutuhannya

1. Paket Data

Sejumlah operator menawarkan paket data dengan harga bersaing. Operator seluler plat merah misalnya menawarkan paket Haji dan Umroh dengan rentang waktu 45 berupa paket data sebesar 20-23 GB. Harga yang dibanderol mulai dari 600 hingga 880 ribu rupiah Sementara, operator lain juga menawarkan paket serupa dengan paket yang tak berbeda jauh.

2. Paket Telepon

Setiap operator menawarkan paket berupa durasi telepon ke seluruh operator sekian menit. Biasanya paket ini juga termasuk paket pesan singkat (SMS).

photo
Ilustrasi mengaktifkan paket data untuk layanan haji. - (Tangkapan Layar)

Cara Mengaktifkan Paket Data untuk Haji 2023

Pertama, menghubungi call center operator selular untuk melakukan pengaktifan paket roaming internasional sebelum jamaah membeli paket data atau telepon pada aplikasi operator seluler yang tersedia.

Kedua, jamaah bisa mengunjungi gerai operator selular untuk melakukan pengaktifan paket roaming internasional tersebut untuk kemudian membeli paket data yang dibutuhkan.

Ketiga, jamaah bisa mencari konter operator seluler saat berada di asrama haji sebelum berangkat ke Tanah Suci. Mintalah petugas konter mengaktifkan paket roaming sebelum memilih paket data yang ditawarkan.

Keempat, jamaah bisa membeli kartu perdana di Arab Saudi. Harganya pun tak jauh dengan operator Tanah Air. Namun, jamaah perlu mempersiapkan paspor dan sidik jari.

Kesulitannya adalah pada kendala bahasa. Tidak semua petugas konter paham bahasa Indonesia.  

Usai membeli paket data, agar paket tersebut bisa digunakan jamaah  mengklik, data roaming pada setelan atau setting mobile network pada ponsel. Dengan mengklik fitur ini, jamaah sudah bisa menikmati paket data yang telah dibeli tadi. Mudahkan?

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement