Ahad 21 May 2023 23:08 WIB

Gubernur Riau Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kesehatan

Gubernur Riau ingatkan jamaah Haji tak hanya melaksanakan ibadah wajib.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
 Gubernur Riau Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kesehatan. Foto:  Jamaah Haji tengah berada di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: Republika
Gubernur Riau Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kesehatan. Foto: Jamaah Haji tengah berada di Masjidil Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,ROKAN HILIR-- Gubernur Riau, Syamsuar, mengingatkan jamaah calon haji dari Provinsi Riau supaya menjaga stamina dan kesehatan. Menurut Syamsuar, akan ada banyak rangkaian kegiatan ibadah yang akan dilalui jamaah begitu musim haji dimulai.

Dengan kondisi tubuh yang prima, Syamsuar meyakini jamaah dapat melaksanakan rangkaian ibadah sunat selama berada di tanah suci.

Baca Juga

"Jadi jangan hanya melakukan ibadah yang wajib saja disana, rugi kita, lakukan juga ibadah sunnah lainnya. Boleh jadi kita pergi haji ini hanya sekali seumur hidup," kata Syamsuar, di Rokan Hilir, Ahad (21/5/2023).

Syamsuar menyebut stamina dan kesehatan sangat menentukan kelancaran ibadah haji. Selain padatnya rangkaian kegiatan, cuaca panas di Arab Saudi akan menguji kekebalan tubuh jamaah. Terlebih kawasan Asia saat ini dilanda cuaca panas ekstrem.

"Cuaca juga panas di Madinah, calon jamaah haji tidak usah khawatir. Mudah-mudahan selamat dalam perjalanan dan selamat perjalanan pulang, sehat, serta dapat membawa predikat haji mabrur," ujar Syamsuar.

Diketahui Jamaah Calon Jemaah Haji (JCH) asal Provinsi Riau tahun 2023 akan diterbangkan dalam 13 kloter penuh dan 1 kloter gabungan.

Sehari sebelum diberangkatkan, jamaah terlebih masuk ke asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, di jalan Mekar Sari Pekanbaru untuk mendapatkan kelengkapan dan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Pada musim haji tahun ini Provinsi Riau mendapat jatah sebanyak 5.047 orang terdiri dari 4.795 berdasar urutan porsi dan 252 jamaah prioritas lansia. Jemaah haji Riau ini akan diberangkatkan dari EHA Riau ke Embarkasi Batam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement