Selasa 23 May 2023 23:31 WIB

AP II Pastikan Kesiapan 6 Bandara Layani Keberangkatan Jamaah Haji

Enam bandara di bawah AP II ditetapkan sebagai embarkasi haji oleh pemerintah.

Jamaah haji di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten (ilustrasi). PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan kesiapan enam bandara untuk melayani keberangkatan jamaah haji 2023.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah haji di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten (ilustrasi). PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan kesiapan enam bandara untuk melayani keberangkatan jamaah haji 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan kesiapan enam bandara untuk melayani keberangkatan jamaah haji 2023. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, rencana operasi bandara sudah disiapkan untuk penerbangan haji dan melayani para jamaah haji, koordinasi pun dilakukan erat dengan seluruh stakeholder.

"Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar penerbangan haji dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga

Sebanyak enam bandara yang dikelola AP II telah ditetapkan sebagai embarkasi haji oleh pemerintah, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). Periode keberangkatan jamaah haji melalui bandara AP II pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023.

AP II berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam mengantar para jamaah haji berangkat ke Tanah Suci. Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, keberangkatan penerbangan haji perdana di Bandara Soekarno-Hatta dijadwalkan pada 24 Mei 2023.

 

Dia mengatakan, keberangkatan penerbangan haji perdana 2023 di Bandara Soekarno-Hatta dijadwalkan pada 24 Mei 2023 pukul 00.30 WIB oleh Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 7301 dengan membawa 388 orang jamaah haji. "Kami memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar Bandara Soekarno-Hatta dapat dengan baik melayani para jamaah haji," ujar Dwi.

Adapun di Bandara Soekarno-Hatta juga tersedia fasilitas pre-clearance keimigrasian Arab Saudi yang dikenal dengan fast track Makkah Road bagi para jamaah haji. Sedangkan, Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda Darmadi menuturkan, keberangkatan penerbangan perdana haji tahun ini di Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) juga pada 24 Mei 2023.

"Penerbangan haji di Bandara Sultan Iskandar Muda dijadwalkan mulai 24 Mei 2023 pukul 07.45 WIB dengan membawa 388 jamaah haji. Penerbangan haji perdana 2023 ini dioperasikan oleh Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 2101," kata Darmadi.

Di Bandara Kualanamu (Deli Serdang) yang dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi, penerbangan haji juga dijadwalkan mulai pada 24 Mei 2023. Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi Heriyanto Wibowo mengatakan keberangkatan penerbangan perdana haji 2023 dari Bandara Kualanamu dijadwalkan pada 24 Mei 2023 pukul 07.25 WIB.

"Penerbangan itu dioperasikan Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 3101 dengan membawa 355 jamaah haji. Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar penerbangan haji di Bandara Kualanamu berjalan lancar," ujar Heriyanto.

Kemudian, penerbangan haji perdana 2023 di Bandara Kertajati (Majalengka) dilakukan pada 28 Mei 2023. "Tahun ini merupakan pertama kalinya Bandara Kertajati melayani penerbangan haji dan kami memastikan kesiapan personel dan fasilitas agar penerbangan haji ini berjalan lancar. Keberangkatan penerbangan perdana 28 Mei 2023 ini dioperasikan oleh maskapai Saudi Arabia nomor penerbangan SV 5025 pukul 21.05 WIB dengan membawa 369 jamaah haji," kata Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement