Kamis 25 May 2023 19:51 WIB

Resep Sehat Jamaah Haji Tertua Mbah Harun, Rajin Tadarus dan Sholat Malam

Mbah Harun berusia 119 tahun.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah calon haji Harun bin Senar menunjukkan kartu kesehatan miliknya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/5/2023). Harun bin Senar asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura tersebut menjadi jamaah calon haji tertua di Indonesia dengan umur 119 tahun yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2023.
Foto:

Khofifah menjelaskan, berdasarkan data medis dari tim kesehatan, semua hasil cek kesehatan Harun terkonfirmasi dalam keadaan baik. Bahkan tidak ada rekomendasi obat-obatan khusus yang harus dibawa, kecuali vitamin C dan disarankan istirahat yang cukup.

"Mbah Harun ini didampingi keponakannya yang berumur 63 tahun. Dan katanya beliau ini tidak berkenan disiapkan kursi roda. Jadi luar biasa sekali semangatnya," ucapnya.

photo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menemui Harun, warga Pamekasan, Madura, berusia 119 tahun yang tercatat sebagai jamaah haji tertua - (Dok Republika)

Khofifah pun secara khusus meminta Mbah Harun untuk mendoakan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jatim setibanya di tanah suci nanti. "Mohon doanya untuk Jawa Timur semoga selalu aman. Masyarakat Jatim sehat, bahagia, dan berkah," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan berbagai upaya komprehensif terus dimaksimalkan untuk memberikan pelayanan bagi jamaah haji, terutama yang berusia lanjut atau lansia. Ia secara khusus menekankan pentingnya perhatian ekstra bagi jamaah haji lansia.

Saat ditanya perasaannya ditemui Khofifah, Harun mengaku sangat senang. Menurutnya, kunjungan Khofifah ini menambah semangatnya untuk bekal beribadah haji di tanah suci. "Ini menambah semangat saya dalam menjalankan ibadah haji. Harapan saya selamat dunia akhirat," ucapnya.

photo
Infografis Alur Rencana Perjalanan Haji 2023 - (Republika.co.id)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement