Jumat 26 May 2023 13:43 WIB

Kabar Duka dari Kloter 1 Embarkasi Haji Banjarmasin

Maut menemui jamaah haji satu ini sebelum pelaksanaan haji.

Ilustrasi sarana di klinik kesehatan haji Madinah. Di sana juga terdapat instalasi jenazah.
Foto: Republika/Agung Sasongko
Ilustrasi sarana di klinik kesehatan haji Madinah. Di sana juga terdapat instalasi jenazah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menginformasikan salah satu calon haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin telah wafat pada Kamis.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan satu calon haji asal Kalsel yang wafat dari Kabupaten Banjar bernama Awariyah Masyuni Majri (50) dari Desa Awang Bangkal. "Beliau wafat karena sakit," ujarnya di Banjarmasin, Jumat (26/5/2023). 

Baca Juga

Calon haji tersebut, dia mengungkapkan, seharusnya berangkat pada 29 Mei 2023 dalam Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin, untuk gelombang pertama haji Indonesia ke Madinah, Arab Saudi. Tambrin menyampaikan duka yang mendalam untuk wafatnya salah satu calon haji provinsinya tersebut yang mendaftar untuk keberangkatan haji sejak 2010.

"Keluarga besar Kementerian Agama Kalsel dan PPIH Embarkasi Banjarmasin turut berdukacita atas meninggalnya almarhumah. Semoga almarhumah husnul khatimah dan keluarga yang telah ditinggalkan agar diberikan ketabahan dan kesabaran," kata Tambrin yang juga ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin tahun 2023.

Tambrin mengatakan, kasus meninggalnya calon haji menjelang keberangkatan haji sudah sering terjadi, bahkan ada yang sudah sampai di embarkasi meninggal dunia. "Seperti kasus dua hari yang lalu diberitakan satu orang calon jamaah haji asal Surabaya, satu hari menjelang keberangkatan juga meninggal dunia," katanya.

Dengan ini, dia mengajak seluruh jamaah haji yang akan berangkat agar senantiasa menjaga kondisi kesehatannya dengan sebaik baiknya dan penting juga untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan dan keselamatan serta kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji.

"Semoga semua jemaah haji diberikan umur yang panjang dan kesempatan dapat melaksanakan haji dengan sempurna, khususnya jamaah haji di Kalsel," demikian kata Tambrin. Kuota haji Kalsel pada keberangkatan haji tahun 2023 ini sebanyak 3.818 orang.

Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 17 Kloter jamaah calon haji dari Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Untuk Kalsel sebanyak 12 kloter penuh, sedangkan Kalteng sebanyak empat Kloter penuh dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement