Sabtu 27 May 2023 04:05 WIB

18 Tempat Paling Mustajab di Makkah dan Sekitarnya untuk Berdoa

Multazam adalah tempat dikabulkannya doa.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Talang air Kabah saat hujan mengguyur di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. 18 Tempat Paling Mustajab di Makkah dan Sekitarnya untuk Berdoa
Foto: SPA
Talang air Kabah saat hujan mengguyur di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. 18 Tempat Paling Mustajab di Makkah dan Sekitarnya untuk Berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Jamaah yang beribadah di Tanah Suci, baik haji maupun umroh hendaknya tidak melewatkan doa di tempat tertentu di sekitar Ka'bah, Masjidil Haram, Arab Saudi. Ada sejumlah tempat di sekitar Ka'bah yang jika berdoa di situ, maka doanya terkabul.

Mantan mufti Mesir Syekh Ali Jum'ah, sebagaimana dilansir Masrawy, menjelaskan salah satu titik yang menjadi tempat doa paling mustajab di Masjidil Haram, yaitu Hijr Ismail. Tempat ini ada di bawah talang atau saluran air. Talang air ini sendiri berada di bagian atas Ka'bah.

Baca Juga

Namun, Syekh Jum'ah mengatakan, tidak ada dalil yang secara pasti menyatakan doa di Hijr Ismail itu mustajab. Hijr Ismail diyakini sebagai tempat doa paling mustajab karena, kata Syekh Jum'ah, banyak jamaah yang mendapatkan pengalaman tersebut. Karenanya, ini lebih didasarkan pada pengalaman jamaah sendiri.

Untuk dalil keutamaan Hijr Ismail, didasarkan pada beberapa riwayat hadits. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad bersabda, "Ya Abu Hurairah, di pintu Hijr Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan sholat dua rakaat di Hijr Ismail, (lalu) dosa-dosamu telah diampuni. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru."

 

Dalam riwayat lain, dari Aisyah RA, dikatakan Nabi Muhammad bersabda, "Sholatlah di sini (Hijr Ismail) jika kamu ingin sholat di dalam Ka'bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka'bah."

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement