Sabtu 27 May 2023 19:56 WIB

Tim Transportasi Kerahkan Petugas Sisir Barang Bawaan Jamaah Haji di Bus

Sejauh ini layanan transportasi di Sektor IV Madinah tidak menemukan kendala.

Rombongan jamaah haji Indonesia kloter 1 Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah tiba di Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Rabu (24/5/2023). Jamaah yang tiba berjumlah 393 orang, di mana 181orang diantaranya merupakan jamaah lansia. Tim Transportasi Kerahkan Petugas Sisir Barang Bawaan Jamaah Haji di Bus
Foto: Republika/Agung Sasongko
Rombongan jamaah haji Indonesia kloter 1 Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah tiba di Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Rabu (24/5/2023). Jamaah yang tiba berjumlah 393 orang, di mana 181orang diantaranya merupakan jamaah lansia. Tim Transportasi Kerahkan Petugas Sisir Barang Bawaan Jamaah Haji di Bus

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Tim layanan transportasi sektor IV Madinah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1444 H/2023 mengerahkan petugas untuk menyisir barang bawaan milik jamaah agar tidak tertinggal di bus.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sabtu (27/5/2023), saat kedatangan bus jamaah calon haji dari Embarkasi Solo (SOC) kloter 9 di Sama Diamond Hotel, Madinah, setidaknya ada lima petugas menyisir barang bawaan di setiap bus jamaah yang datang.

Baca Juga

Koordinator Transportasi Sektor IV Madinah Ahmad Nadif menjelaskan sejauh ini layanan transportasi di Sektor IV tidak menemukan kendala. Semua berjalan lancar sesuai harapan.

"Sektor empat lancar, kemarin untuk Kloter JKG ada dua hotel penurunan. Kami minta bantuan ke Daker bantuan transportasi untuk pengangkutan koper dari Hotel Al Anwar ke An Najar Attaqwa karena terpisah di hotel. Tapi semua sudah aman terbagikan ke jamaah," katanya di Madinah, Sabtu.

Nadif menjelaskan untuk menjaga agar tidak ada barang-barang milik jamaah yang tertinggal di bus, pelayanan transportasi menugaskan satu hingga dua orang untuk mengecek bus setelah jamaah turun.

"Ada satu atau dua orang yang naik ke bus untuk cek semua tempat duduk, bawah kursi dan bagasi jangan sampai tertinggal. Sampai hari ini belum ada jamaah yang komplain terkait barang hilang," katanya.

Nadif menyebut Tim Transportasi Sektor IV Madinah memiliki lima petugas, terdiri dari empat orang PPIH dan satu dari tenaga musiman.

"Alhamdulillah memenuhi harapan, untuk komunikasi terkait nama sopir dan nomor HP dan sebagainya kita minta ke Temus (tenaga musiman). Semua sopir bus bagus komunikasinya. Mereka sabar, mereka mau menempatkan apa yang kita atur. Jadi kita turunkan lansia dengan lancar, belum ada keluhan," katanya.

Nadif menambahkan pada Sabtu, ada empat kloter jamaah haji yang akan datang di Sektor IV. Mereka berasal dari embarkasi Solo (SOC) 9 dan SOC 10. Kemudian Medan (KNO) 4 dan Bekasi (JKS) 8.

"SOC 9 jamaah ditempatkan di satu hotel. Kalau SOC 10 ada tiga hotel, yakni Sama Diamond, Juan Assalam, dan Anshar Al Madina," katanya.

Ketua kloter SOC 9 (Embarkasi Solo) Amhal Kaifahmi mengaku puas dengan layanan para petugas haji tahun ini karena semua petugas gerak cepat melayani setiap kebutuhan jamaah yang dipimpinnya.

Ia mengaku mulai dari embarkasi sampai tiba di hotel penginapan di Madinah, petugas cepat melayani apa yang menjadi keperluan jamaahnya yang berjumlah 359 orang.

"Saat masih di embarkasi, kami kan ada jamaah yang lansia, saya butuh kursi roda lima buah untuk mereka dan tidak lama kursi roda itu datang," katanya.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Terpadu (Siskohat), sampai Sabtu pagi ada 47 kloter (18.181 orang) mendarat di Madinah.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement