Rabu 31 May 2023 12:51 WIB

Makkah Percepat Tanggal Ujian Akhir Sekolah Menjelang Musim Haji

Jadwal ujian akhir sekolah di Makkah dipercepat menjelang musim haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Makkah Percepat Tanggal Ujian Akhir Sekolah Menjelang Musim Haji. Foto: Kota Makkah, Arab Saudi (ilustrasi)
Foto: ROL/Sadly Rachman
Makkah Percepat Tanggal Ujian Akhir Sekolah Menjelang Musim Haji. Foto: Kota Makkah, Arab Saudi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Akhir Juni nanti, Kerajaan Arab Saudi akan melayani tamu Allah dari seluruh dunia ang berniat melaksanakan ibadah haji. Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan ibadah, jadwal ujian akhir siswa di sekolah-sekolah Makkah telah dimajukan satu minggu.

Kementerian Pendidikan Saudi mengatakan, keputusan tersebut diambil dengan pendekatan yang luar biasa untuk tahun ajaran 1444 H ini. Akhir tahun ajaran disebut bertepatan dengan musim haji tahun ini.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (31/5/2023), Kementerian memutuskan tanggal 15 Juni adalah tanggal terakhir untuk akhir tahun akademik di sekolah-sekolah yang berlokasi di Makkah, Bahra, Al-Jamom dan Al-Kamil. Selain itu, di wilayah lain Kerajaan tahun akademiknya jatuh pada 22 Juni.

Sebelumnya diberitakan bahwa Kota Makkah lebih awal menyelesaikan persiapannya untuk musim haji 1444 Hijriah. Mereka telah menyusun rencana dan program untuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah.

 

Juru bicara Kota Makkah, Osama Zaituni, mengatakan kotamadya telah memobilisasi semua kapasitas manusia dan mekaniknya. Hal ini didukung oleh tim bantuan dari sektor tertentu, seperti kotamadya, keamanan publik dan pramuka.

Di sisi lain, upaya ini juga didukung oleh sejumlah pemantau kesehatan sementara yang memiliki armada peralatan dan mesin yang besar. Setiap sektor disebut siap memberikan layanan kota tingkat tertinggi kepada para peziarah.

Zaituni menambahkan, pemerintah telah mempersiapkan 13 kecamatan dan tiga kota pembantu, serta 28 pusat di Makkah, yang tersebar secara geografis untuk mencakup seluruh area tempat suci.

Pihaknya pun menyediakan semua mesin dan tenaga kerja yang dibutuhkan, termasuk merekrut 22.000 orang untuk tambahan pekerja yang mencakup semua bidang.

Kerajaan Arab Saudi telah mengembalikan kuota normal untuk pelaksanaan haji tahun ini, seperti sebelum pandemi Covid-19. Diperkirakan 2,5 juta Muslim dari seluruh penjuru dunia akan memadati kota Makkah pada puncak haji, akhir Juni nanti.

Hampir 7.700 penerbangan dijadwalkan akan membawa peziarah Muslim dari seluruh dunia ke dan dari Arab Saudi selama musim haji mendatang. Sekitar 1,7 juta kursi dialokasikan pada penerbangan ini, untuk para peziarah yang akan mendarat di enam bandara di Kerajaan Saudi.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/632931/SAUDI-ARABIA/Makkah-brings-forward-final-exams-date-due-to-Hajj-season

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement