Rabu 31 May 2023 17:25 WIB

Seorang Jamaah Haji Asal Tasikmalaya Dilaporkan Meninggal Dunia di Madinah

Jamaah haji Tasikmalaya meninggal dunia di RS King Fahd Madinah.

Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil
 Seorang Jamaah Haji Asal Tasikmalaya Dilaporkan Meninggal Dunia di Madinah. Foto: Pemakaman sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi
Foto: Ismar Patrizki/Antara
Seorang Jamaah Haji Asal Tasikmalaya Dilaporkan Meninggal Dunia di Madinah. Foto: Pemakaman sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Seorang jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya dilaporkan meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi, pada Selasa (30/5/2023). Jamaah tersebut menghembuskan napas terakhirnya di RS King Fahd.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Kardiyat, membenarkan laporan tersebut. Jamaah atas nama Aminah Uyu Sunarta (64 tahun) asal Kampung Cidadali, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. 

Baca Juga

"Assalamualaikum wr. Innalillahi wainna ilaihi rooji'un. Berita duka salah seorang jemaah jks 7 telah meninggal syahid, atas nama Ibu Aminah Uyu Sunarta dari Kp.Cidadali Cikalong," kata dia saat dikonfirmasi Republika melalui pesan WhatsApp, Rabu (31/5/2023).

Menurut Yayat, almarhumah meninggal dunia di RS King Fahd. Almarhumah dilaporkan meninggal disebabkan radang paru dan dehidrasi.

Jamaah itu merupakan satu di antara 366 orang jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya yang diberangkatkan pada Jumat (26/5/2023). Ratusan calhaj itu diberangkatkan dari Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, pada Jumat sekitar pukul 01.00 WIB. 

Berdasarkan data Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, dari total 366 orang jamaah haji yang diberangkatkan pada kloter pertama dari Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 29 orang sudah masuk kategori lanjut usia (lansia). "Sebanyak lima orang menggunakan kursi roda," kata Yayat saat dikonfirmasi Republika, Jumat siang pekan lalu.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement