Jumat 02 Jun 2023 16:47 WIB

Cerita Koki Indonesia di Madinah, Bangga Memasak untuk Jamaah Haji

Para koki memasak penuh tanggung jawab dan disiplin untuk jamaah haji Indonesia.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Hamdani, chef Indonesia asal Lombok. Ia memasak menu makan untuk jamaah haji 2023 asal Indonesia.
Foto:

Perasaan bangga juga dirasakan Hamdani, juru masak di Katering Marmara Salal Istanbul, Madinah. Pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat ini mengaku sangat berbeda rasanya memasak menu makan untuk jamaah haji 2023 asal Indonesia.

"Beda banget rasanya, senang, bangga banget bisa masakin untuk orang Indonesia," jelas pria yang sudah berpengalaman sejak 2015 itu.

Menurutnya, bumbu-bumbu didatangkan dari Indonesia, seperti kemiri, kecap manis, daun salam, daun jeruk, serai, terasi, dan penyedap rasa. "Memasaknya harus lebih tanggung jawab, profesional, harus enak, harus puas. Meski sebenarnya masaknya ya sama saja seperti proses masak lainnya. Sudah biasa masak ribuan boks," ujar Hamdani.

Dia bersyukur hingga saat ini tidak ada kendala berarti. Juga tidak ada komplain. Ia memasak sehari tiga kali. Atas dedikasi menghadirkan menu masakan berkualitas, dia mengaku menyabet juara 2 chef terbaik pada 2019 dan pada 2022 menyabet juara 1 sebagai chef dan katering terbaik.

"Memasak untuk ribuan orang sudah biasa. Tidak ada yang susah. Perasaannya saja yang bangga bisa melayani jamaah haji," kata Hamdani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement