Senin 05 Jun 2023 14:56 WIB

Apa Saja Berkah Berhaji yang Bisa Dirasakan Muslim? (Bagian 2-Habis)

Hanya umat Muslim yang benar-benar menunaikan haji yang dapat merasakan berkah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
 Jamaah haji tengah beristirahat saat menunaikan ibadah wukuf di Masjid Namirah, Arafah, Senin (19/7).
Foto:

4. Pengorbanan, keberanian dan tekad

Sepanjang melaksanakan ibadah haji, seorang Muslim akan menyaksikan langkah jejak yang ditinggalkan oleh orang-orang terdahulu, yang mengorbankan segalanya dalam ketundukan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Mereka berperang melawan seluruh dunia, mengalami kesukaran dan siksaan, dikutuk untuk diasingkan, tetapi pada akhirnya membuat kalimat Allah menjadi yang tertinggi dan menaklukkan kekuatan palsu, yang menginginkan manusia untuk tunduk pada entitas selain Allah.

Pelajaran tentang keberanian dan tekad, dorongan untuk berjuang di jalan Allah, merupakan suatu hal yang dapat dicontoh oleh seorang penyembah Allah dari tanda-tanda yang jelas dan contoh-contoh yang menginspirasi ini. Hal seperti ini hampir tidak dapat diperoleh dari sumber lain mana pun.

Keterikatan ini dikembangkan dengan titik fokus agama, berupa berjalan mengelilingi Ka`bah (Tawaf) dan pelatihan yang diterima untuk menjalani kehidupan mujahid melalui ritus haji, seperti berlari dari satu tempat ke tempat lain berulang kali. Ini merupakan contoh berkah yang luar biasa.

"Dikombinasikan dengan Shalat, puasa dan zakat, jika dilihat secara keseluruhan, Anda akan melihat bahwa haji merupakan persiapan untuk tugas besar, yang diinginkan oleh Islam untuk dilakukan oleh umat Islam," kata Abul A'la Mawdudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement