Selasa 06 Jun 2023 12:00 WIB

Petugas Sektor Khusus Masjidil Haram Siaga 24 Jam di Sembilan Posko

Sebanyak 70 petugas ditempatkan pada pos-pos layanan di areal Masjidil Haram.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Slamet Budiono, Selasa (6/6/2023).
Foto: MCH 2023
Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Slamet Budiono, Selasa (6/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H wilayah Daker Makkah menyiapkan satu sektor layanan khusus di Masjidil Haram. Tim sektor ini bertugas memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah, khususnya ketika berada di areal Masjidil Haram.

Petugas ini akan bertugas selama 24 jam secara bergantian, untuk melayani jamaah Indonesia yang terus berdatangan ke Kota Makkah Al-Mukarramah, sejak 1 Juni 2023.

Baca Juga

Sampai Senin (5/6/2023) pukul 17.00 waktu Arab Saudi, tercatat ada 22.932 jamaah yang sudah berada di Kota Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Mereka terbagi dalam 59 kelompok terbang (kloter).

"Kita siapkan 70 petugas yang ditempatkan pada pos-pos layanan di areal Masjidil Haram. Secara bergantian, mereka akan bertugas selama 24 jam," kata Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Slamet Budiono, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Selasa (6/6/2023).

Lima hari sejak kedatangan jamaah haji Indonesia di Makkah, para petugas Sektor Khusus telah diterjunkan untuk membantu jamaah. Ada yang membantu jamaah melaksanakan ibadah umrahnya, mengantar jamaah yang terpisah dari rombongan kembali ke hotel, hingga bersinergi dengan tim kesehatan dalam memberikan pertolongan pertama kepada jamaah yang membutuhkan.

"Petugas yang kami terjunkan bekerja selama 24 jam nonsetop. Kami minta para petugas siaga dalam membantu pelaksanaan ibadah jamaah selama di Masjidil Haram," ujar dia.

Slamet juga mengajak jamaah agar tidak perlu sungkan meminta bantuan para petugas. Sebab, ini memang sudah menjadi kewajiban semua petugas di Tanah Suci.

Pihaknya disebut telah menyiapkan sembilan pos areal petugas Sektor Khusus Masjidil Haram, yaitu:

1.  Pos 1 di Mataf

2.  Pos 2 di Marwah (Mencakup area Safa dan Marwah)

3.  Pos 3 di Babus Salam

4.  Pos 4 di Sofa dan Marwah lantai dua (berjaga untuk pelayanan jemaah dengan kursi roda)

5.  Pos 5 di Gate KAA

6.  Pos 6 di Dar Tawhid

7.  Pos 7 di Area Jarwal

8.  Pos 8 di Area Bab Al Quds

9.  Pos 9 di Syib Amir

Bagi jamaah yang membutuhkan bantuan saat di Masjidil Haram, bisa mencari petugas yang menggunakan rompi hitam bertuliskan Petugas Haji Indonesia. Jika sudah bertemu, jamaah dapat segera meminta bantuan kepada mereka sesuai kondisi yang dihadapinya.

"Petugas kita sebar di kawasan Masjidil Haram. Mereka menggunakan seragam lengkap dan siap membatu jamaah haji, kapan saja," kata Slamet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement