Selasa 06 Jun 2023 20:48 WIB

Lima Keutamaan Kota Makkah

Kota Makkah memiliki keutamaan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Lima Keutamaan Kota Makkah. Foto:  Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: republika
Lima Keutamaan Kota Makkah. Foto: Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Keutamaan yang disandang kota suci Makkah, dapat dilihat dalam dalil­-dalil Alquran ataupun Hadits­-hadits. Kota Makkah tidak seperti kota­-kota lain di atas bumi ini. Kota ini menyandang kemuliaan dan kehormatan.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

Baca Juga

اِنَّمَآ اُمِرْتُ اَنْ اَعْبُدَ رَبَّ هٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِيْ حَرَّمَهَا وَلَهٗ كُلُّ شَيْءٍ وَّاُمِرْتُ اَنْ اَكُوْنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Rabb negeri ini (Makkah) Yang telah menjadikan­nya suci dan kepunyaan­Nya­lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang­orang yang berserah diri.” (QS. an-Naml ayat 91).

 

Dikutip dari buku Rindu Tanah Suci Makkah dan Madinah oleh Abu Aniisah Syahrul Fatwa bin Lukman, Berikut sebagian keutamaan kota Makkah:

1. Makkah Sebagai Kota Suci

Allah Azza wa Jalla telah menetapkan Makkah sebagai kota suci, sejak penciptaan langit dan bumi. Nabi ﷺ bersabda:

إِنَّ هَذَا الْبَلَدَ حَرَّمَهُ اللَّهُ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فَهُوَ حَرَامٌ بِحُرْمَةِ اللَّهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Sesungguhnya kota ini, Allah telah memuliakan­nya pada hari penciptaan langit dan bumi. Ia adalah kota suci dengan dasar kemuliaan yang Allah tetapkan sampai hari Kiamat. (HR Bukhari dan Muslim)

2. Negeri Yang Aman dan Tentram

Atas izin Allah Azza wa Jalla, Makkah akan tetap dalam perlindungan­Nya, dan menjadi negeri aman dan tentram. Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ اٰمِنًا وَّاجْنُبْنِيْ وَبَنِيَّ اَنْ نَّعْبُدَ الْاَصْنَامَ

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Rabb­ku, jadikanlah negeri ini (Makkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cu­cuku daripada menyembah berhala­-berhala”. (QS. Ibrahim ayat 35).

Perlindungan Allah Azza wa Jalla terhadap kota Makkah, dan khususnya Ka’bah, telah terbukti dalam seja­rah, sebagai contoh, Allah telah menjaga Ka’bah dari serbuan pasukan gajah pimpinan Raja Abra­hah yang bertekad menghancurkannya.

3. Kota Makkah, merupakan tempat yang paling dicintai oleh Nabi Muhammad ﷺ

Rasulullah ﷺ bersabda:

وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ، وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَى اللَّهِ، وَلَوْلاَ أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ

Demi Allah, Engkau adalah sebaik­-baik bumi Allah, dan bumi Allah yang paling dicintai­Nya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar. (HR. Tirmidzi. Lihat Shahih Sunan Tirmidzi no. 3925)

4. Sholat di Masjidil Haram sebanding dengan seratus ribu sholat daripada di tempat lain

Rasulullah ﷺ bersabda:ٍ

وصلاة في المسجد الحرام أفضل من مائة ألف صلاة فيما سواه

Sholat di Masjidil Haram, lebih utama dibanding­kan seratus ribu shalat di tempat lainnya. (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

5. Dajjal Tidak Bisa Masuk Kota Makkah

Dajjal diharamkan untuk masuk dua kota suci, Makkah dan Madinah, berdasarkan hadits Fa­thimah binti Qais, bahwa Dajjal berkata:

Aku keluar dan aku berjalan di permukaan bumi, tidaklah aku tinggalkan satu desapun ke­cuali aku memasukinya selama empat puluh malam kecuali kota Makkah dan Madinah, setiap kali aku akan masuk maka Malaikat mengha­dangku dengan membawa pedang mengusirku, setiap sudut dua kota ini dijaga para Malaikat (HR Muslim)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement