Rabu 07 Jun 2023 05:02 WIB

Imbauan buat Jamaah Haji: Kurangi Belanja, Jalan-jalan, Makan Bergizi, Fokus Haji

Jamaah haji diimbau ikuti segala aturan yang ada.

Ilustrasi jamaah haji belanja.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Ilustrasi jamaah haji belanja.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Jamaah haji diimbau mengurangi aktivitas yang tidak berkaitan dengan ibadah haji. Kegiatan semacam itu berpotensi membuat jamaah lelah, tenaga menjadi terporsir, bahkan mengakibatkan sakit.

"Yang tidak kalah penting, selalu makan makanan yang bergizi dan buah dalam jumlah cukup, perbanyak minum serta kurangi kegiatan yang tidak langsung menunjang ibadah, seperti banyak belanja, jalan-jalan dan membawa bawaan yang berat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya Nur Widiantoro saat melepas jamaah haji dari Palangka Raya di Palangka Raya, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga

Pihaknya jamaah haji selama berada di Arab Saudi, selalu ikuti anjuran dan arahan petugas. Jika ada pertanyaan atau ketidaktahuan, jamaah juga diminta untuk segera berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas.

Kondisi tersebut harus diperhatikan para jamaah karena pada Juni ini, suhu udara di Arab Saudi cukup panas karena saat ini memasuki musim panas.

Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fairid Naparin, meminta haji asal kota setempat menjaga kesehatan jasmani dan rohani selama melaksanakan rangkaian ibadah rukun Islam kelima di Arab Saudi.

"Saya minta para jamaah haji untuk meningkatkan disiplin diri dalam menjaga kesehatan jasmani dan rohani agar dapat menjalankan ibadah Haji dengan lancar," kata Fairid.

Menurut dia, kesehatan fisik dan mental merupakan faktor penting penunjang ibadah. Apalagi ibadah haji memiliki beberapa rangkaian ibadah wajib dan sunnah yang memerlukan kondisi fisik dan kesehatan jiwa prima.

Dia juga menyarankan, para jamaah haji memperbanyak konsumsi vitamin termasuk buah-buahan dan sayur. Selain itu juga rajin berolahraga ringan untuk meningkatkan kesiapan fisik untuk melaksanakan berbagai aktivitas haji.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat melepas keberangkatan 229 jamaah haji asal Kota Palangka Raya di Aula GPU Palampang Tarung, Komplek Kantor Wali Kota setempat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekda Kota Palangka Raya, Ketua TP PKK Kota Palangka Raya, unsur FKPD Kota Palangka Raya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya serta Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Jumlah jamaah asal "Kota Cantik" pada 2023 meningkat dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 146 orang jamaah.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam penyelenggaraan haji periode 2023. Mulai dari pemondokan, penyediaan konsumsi, pelayanan kesehatan, transportasi dan lain-lain sebagainya.

Dia pun meminta para petugas juga dapat maksimal dalam melakukan pendampingan dan pelayanan kepada para jamaah selama berada di Arab Saudi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement