Rabu 07 Jun 2023 15:20 WIB

Terpisah 12 Jam dari Pujaan Hati Saat di Masjid Suci, Kisah Jamaah Haji

Syamsuddin menangis sedih terpisah dari istrinya saat beribadah di Masjidil Haram

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Sabir Syam Syamsuddin Saibi (71 tahun) dan istrinya Yusnidar (65) saat bertemu kembali setelah 12 jam terpisah di Masjidil Haram, Makkah, Selasa (6/6/2023).
Foto:

Petugas haji Indonesia menginformasikan bahwa suami dan istri ini selama terpisah 12 jam terus berusaha saling mencari satu sama lain. Sehingga begitu mereka dapat bertemu dan berkumpul kembali, pasangan lansia ini tidak mampu menahan tangis haru.

Petugas haji Indonesia tersenyum bahagia saat bisa membantu mempertemukan dua pasangan lansia yang saling setia dan peduli ini. Mereka juga memberi semangat kepada Samsyuddin dan Yusnida untuk menjalankan proses ibadah haji di Makkah.

Dua jamaah haji lansia yang harus menggunakan kursi roda ini menurut salah seorang petugas, mengalami demensia. Momen pertemuan kembali Syamsuddin dan istrinya di depan terminal Syib Amir.

Seperti diketahui, demensia rawan dialami oleh jamaah haji lansia. Demensia adalah kondisi menurunnya cara berpikir dan daya ingat seseorang yang biasa terjadi pada lansia.

Gejala demensia adalah gangguan cara berpikir, seperti disorientasi tempat, disorientasi waktu, dan disorientasi orang-orang di sekitarnya. Gejala-gejala yang bisa terlihat di awal biasanya seperti mudah lupa terutama untuk kejadian-kejadian yang baru saja dialami.

Kemudian, mereka yang demensia juga sulit mempelajari hal baru, sulit konsentrasi, termasuk sulit mengingat waktu dan tempat terutama setelah mereka berpindah dari kampungnya ke embarkasi atau ke Arab Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement