Kamis 08 Jun 2023 19:28 WIB

Sudah Nunggu 10 tahun, Akhirnya Bisa Berhaji

Berangkat haji penuh dengan lika-liku.

Rep: C02/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pelepasan jamaah haji
Foto: Republika/Febrian Fachri
Ilustrasi pelepasan jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Tahun ini Ikem (86) menjadi salah satu calon jamaah haji (calhaj) tertua asal Banjarsari, Solo, akan menunaikan ibadah di tanah suci. Ia akan diberangkatkan ke Makkah melalui Embarkasi Solo Jumat, (09/06/2023) besok. 

Ikem menceritakan bahwa dirinya telah lama mendambakan untuk berangkat ke Makkah. senyum semringah pun terpancar dari wajahnya karena setelah penantian sekitar 10 tahun menunggu akhirnya ia dapat memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Baca Juga

"Iya seneng banget bisa berangkat. Sudah menunggu 10 tahun akhirnya dipanggil, ya, alhamdulillah," katanya, Kamis (8/6/2023).

Menilik ke belakang, Ikem menceritakan bahwa dirinya dulunya hanyalah seorang penjual kerupuk di Pasar Sibela, Mojosongo. Namun, setelah menginjak usia senja dirinya tak bekerja lagi. 

Ibu beranak lima tersebut mengungkapkan ia berangkat haji karena difasilitasi anaknya. Namun, ia mengatakan bahwa dirinya berangkat sendiri ke tanah suci. 

"Ini saya berangkat sendiri, anak gak ikut. (Berangkat haji) dibiayai anak-anak, saya duduk-duduk di rumah. Tapi dulu jualan kerupuk, sekarang di rumah aja, sudah tua, anak ya lima, sudah berkeluarga semua," katanya. 

Ikem mengaku tak banyak yang diharapkan dari ibadahnya ke Tanah Suci tersebut kecuali diberi kesehatan dan dapat menjadi haji yang mabrur. "Diberi kesehatan terus, amin, bisa sehat, bisa haji mabrur," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement