Ahad 11 Jun 2023 16:09 WIB

Seorang Jamaah Haji Batal Berangkat, ini Penyebabnya

Jamaah haji diimbau menjaga kesehatan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi petugas kesehatan menangani jamaah haji yang sakit.
Foto: Republika/ali yusuf
Ilustrasi petugas kesehatan menangani jamaah haji yang sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Satu orang jamaah calon haji asal Kota Padang bernama Mukhlis Abdul Thaat (48) batal berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji karena penyakit ginjal.

Mukhlis harus menjalani operasi dalam waktu dekat sehingga ia harus merelakan kesempatan berhaji tahun ini. "Satu calon terpaksa batal berangkat karena yang bersangkutan sakit," kata Kepala Kantor Kemenag Sumbar, Helmi, Ahad (11/6/2023).

Baca Juga

Mukhlis harusnya tergabung ke dalam kelompok terbang (kloter) 6 Embarkasi Padang. Di kloter tersebut terdapat jamaah calon haji dari Kota Padang dan Kabupaten Agam yang berjumlah 393 orang. 275 dari Padang dan 111 dari Agam, 2 petugas haji dan 5 petugas kloter.

Helmi menyebut Mukhlis Abdul Thaat tercatat dengan nomor manifes 137. Mukhlis masih bisa diberangkatkan untuk beribadah haji bila cepat pulih sehingga diberangkatkan dengan kloter lain yang tersisa.

"Kalau sudah sembuh bisa diberangkatkan dengan kloter lain atau kloter gabungan," ujar Helmi.

Hingga saat ini Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang telah memberangkatkan enam kloter jamaah haji ke Tanah Suci. Untuk gelombang pertama dengan tujuan Madinah, Embarkasi Padang memberangkatkan tiga kloter.

Kemudian untuk gelombang kedua dengan tujuan Jeddah, Embarkasi Haji Padang juga memberangkatkan tiga kloter. Secara keseluruhan, 2.355 jamaah calon haji Sumbar telah tiba di Tanah Suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement