Selasa 13 Jun 2023 08:23 WIB

Tips Mengatasi Cuaca Panas Saat Berhaji

Kelelahan akibat panas adalah hal biasa dan tidak dapat dihindari oleh jamaah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Petugas kepolisian Arab Saudi menyemprotkan air kepada jamaah yang melintas di jalan menuju Makkah dari Mina.
Foto:

Terlepas dari semua upaya yang dilakukan, kelelahan akibat panas merupakan hal yang biasa dan tidak dapat dihindari oleh jamaah haji karena banyak yang berasal dari iklim yang lebih dingin.

Panas yang ekstrem membuat tubuh sulit untuk tiba-tiba beradaptasi, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Beberapa orang bisa lebih terpengaruh akibat kondisi ini daripada yang lain, seperti orang tua, penderita diabetes, mereka yang memiliki masalah jantung, mereka yang dianggap kelebihan berat badan, serta wanita pada umumnya.

Karena itu, di bawah ini telah disiapkan beberapa tips yang bisa diikuti oleh jamaah haji untuk menghadapi cuaca panas dikutip dari About Islam, Selasa (13/6/2023). Tips yang dimaksud antara lain, sebagai berikut.

Tips Mengatasi Cuaca Panas Saat Berhaji

1. Bawalah air kemasan

Ini adalah upaya yang sangat mudah. Jika jamaah ternyata kehabisan air saat di luar, biasanya akan ada wadah berisi air zamzam di sekitaran masjid. Jika tidak menemukannya, jamaah bisa bertanya kepada askar atau petugas setempat, apakah mereka menyediakan air isi ulang atau botol berisi air yang baru.

2. Tabir surya tanpa pewangi

Tabir surya sangat dibutuhkan ketika seseorang berada di luar ruangan dalam waktu lama. Meski pengaplikasiannya terbatas pada tangan dan wajah, tetapi langkah ini bisa membantu memblokir kerusakan akibat panas yang menyengat. Pastikan cairan tabir surya yang digunakan tidak diberi pewangi dan tidak tahan air, sehingga tetap bisa berwudhu dengan nyaman.

3. Gunakan pakaian ringan

Pakaian dengan bahan yang tebal dan tertutup sangat berkontribusi dalam meningkatkan suhu tubuh dan membuat terasa panas. Jika memungkinkan, gunakan pakaian dengan bahan yang ringan seperti campuran katun, yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan membuat jamaah bisa merasa segar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement