Selasa 13 Jun 2023 14:19 WIB

75 Kloter Jamaah Haji Indonesia Masih di Madinah

Sudah 188 kloter jamaah haji yang ke Makkah.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin, saat melepas jemaah yang akan ke Bir Ali dari Hotel Grand Plaza Badr Al Maqam, Kamis (1/5/2023).  Sebelum ke Mekkah jemaah haji terlebih dahulu mengambil miqat atau niat umrah wajib di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin, saat melepas jemaah yang akan ke Bir Ali dari Hotel Grand Plaza Badr Al Maqam, Kamis (1/5/2023). Sebelum ke Mekkah jemaah haji terlebih dahulu mengambil miqat atau niat umrah wajib di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Agung Sasongko dari Madinah, Arab Saudi

Baca Juga

Jumlah kedatangan jamaah di Madinah sampai dengan Senin, 12 Juni 2023 pukul 17.00 Waktu Arab Saudi sebanyak 263 kloter dengan 101.315 termasuk petugas. Sebanyak 28.888 yang terdiri atas  28.512 calon haji (calhaj) dan 376 petugas dari 75 kelompok terbang (kloter) masih berada di Madinah untuk menjalanlan Arbain atau shalat fardlu dalam 40 kali.

"Mereka berada di tiga wilayah yaitu, Syamaliah, Gharbiyah, dan Janubiyah.

Terdiri dari tujuh sektor, sektor satu sampai lima , sektor khusus Nabawi, dan sektor Bir Ali-Hijrah, dan menempati 79 hotel," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin, Selasa (12/6/2023).

Sementara calhaj yang sudah bergeser ke Makkah, lanjut Zaenal, yakni sudah 188 kloter yang terdiri atas 72.427 calhaj termasuk petugas. "Jumlah jamaah calon haji yang dilakukan proses evakuasi ke Mekkah dengan ambulans sampai hari ini (Senin pukul 17.00 WAS) ada sebanyak 10 orang," kata Zaenal.

Zaenal menyebutkan ada 60 calon haji yang dirawat di Madinah per Senin (12/6) dengan rincian 29 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI); tiga orang dirawat di Rumah Sakit Al Anshor Madinah; 25 orang dirawat di RS King Fahad Madinah; dan tiga orang dirawat din RS Mouwasat Madinah.

Sementara calon haji yang dirawat di Mekkah total ada 155 orang dengan rincian 119 orang dirawat di KKHI;

Sembilan orang dirawat di RS King  Faisal (Syisha); 13 orang dirawat di

RS Al Noer; dua orang dirawat di

RS Heera; enam orang dirawat

RS King Abdullah; enam orang dirawat di

RS King Abdul Aziz.

"Ada dua orang calon haji Indonesia yang dirawat di Jeddah yakni di RS King Abdullah. Jadi total ada 217 calon haji yang menjalani perawatan," kata Zaenal.

Untuk calon haji yang meninggal, tambah Zaenal, ada sebanyak 51 orang, 26 di antaranya  meninggal dii Madinah, 23 orang di Mekkah, dan satu orang di Jeddah, serta  tercatat ada satu orang calon haji dari penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang meninggal dunia di Madinah dari PT

Namira Amalia Utama , Provinsi Kalimantan Selatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement