Selasa 13 Jun 2023 16:49 WIB

Kelompok Haji Pertama Gaza Bergerak Menuju Makkah

Pemberangkatan jamaah haji asal Gaza dilakukan secara bertahap.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Kelompok Haji Pertama Gaza Bergerak Menuju Makkah. Foto: Jamaah haji Palestina di Masjidil Haram
Foto: ALAA BADARNEH/EPA
Kelompok Haji Pertama Gaza Bergerak Menuju Makkah. Foto: Jamaah haji Palestina di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Kelompok pertama jamaah haji asal Palestina meninggalkan Jalur Gaza, Senin (12/6/2023). Mereka bergerak menuju kota suci Makkah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Orang-orang banyak yang mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga mereka saat fajar, sebelum menaiki bus yang menuju persimpangan Rafah. Setelahnya rombongan ini akan menuju Bandara Kairo untuk diterbangkan ke Tanah Suci.

Baca Juga

Dilansir di Middle East Monitor, Selasa (13/6/2023), Kementerian Wakaf dan Urusan Agama mengumumkan perjalanan pertama bagi peziarah tersebut telah dimulai.

Selama empat hari ke depan perjalanan jamaah asal Gaza akan dilakukan bertahap. Dalam satu hari disampaikan ada tiga bus yang berangkat dan mengangkut jamaah, kecuali pada hari terakhir hanya dua bus yang berangkat.

Kementerian tersebut juga mengatakan pengaturan telah dibuat agar jamaah dapat meninggalkan Jalur Gaza dengan mudah, dari penyeberangan darat Rafah ke Bandara Internasional Kairo. Nantinya mereka akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Bin Saud Jeddah dan kemudian ke Makkah.

Di sisi lain, pihak kementerian juga menyatakan terima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi dan otoritas Mesir, karena telah memfasilitasi perjalanan peziarah dari Gaza dan memberi mereka berbagai layanan.  

Sumber:

https://www.middleeastmonitor.com/20230612-first-pilgrims-from-gaza-head-to-makkah/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement