Kamis 15 Jun 2023 19:24 WIB

13 Jamaah Haji Riau Terbaring di Rumah Sakit Arab Saudi

Jamaah haji diimbau menjaga kesehatan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah
Sebanyak 6.202 jamaah haji khusus mulai meninggalkan Madinah menuju Makkah guna bersiap melaksanakan puncak ibadah haji.Di Makkah, jamaah-jamaah haji khusus tinggal sekitar 12-14 hari.
Foto: Republika/Agung Sasongko
Sebanyak 6.202 jamaah haji khusus mulai meninggalkan Madinah menuju Makkah guna bersiap melaksanakan puncak ibadah haji.Di Makkah, jamaah-jamaah haji khusus tinggal sekitar 12-14 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin, mengatakan saat ini sebanyak 13 orang jamaah haji asal Riau dilaporkan dalam kondisi sakit. Mereka kini dirawat di sejumlah rumah sakit dan klinik yang ada di Arab Saudi.

"Sebanyak 13 orang jamaah yang sedang sakit itu berasal dari delapan kloter," kata Mahyudin, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga

Diantara yang sedang sakit itu adalah dari kloter 4 BTH atas nama D usia 65 tahun yang mengalami demam dan saat ini dirawat di KKHI Makkah. Kemudian, dari calhaj dari Kloter 14 BTH atas nama LS usia 56 tahun yang saat ini dirawat di RS King Salman bin Abdul Aziz.

Sementara dari kloter 9 BTH ada dua jamaah. Masing-masing atas nama AIS usia 65 tahun yang mengalami serangan jantung dan EA. Keduanya saat ini dirawat di KKHI.

Selanjutnya, dari kloter 11 BTH atas nama A Binti BI yang dirawat di RS Malik Fahd Madinah dan SA yang mengalami fungsi jantung dirawat di KKHI Makkah.

Kemudian dari kloter 13 BTH atas nama AW usia 71 tahun dirawat di RS An Nur Makkah dan S yang dirawat di Klinik Satelit Makkah. Sementara dari Kloter 10 BTH juga ada dua yang mengalami sakit. Yakni M yang dirawat di RS King Faisal Makkah dan S dirawat di KKHI.

Dari Kloter 8 BTH ada satu jamaah atas nama F yang dirawat di KKHI Makkah. Sementara dari Kloter 12 BTH ada dua jamaah yang sakit. Diantaranya adalah S HSB dan S. Keduanya dirawat di KKHI Makkah.

"Total jamaah haji kita yang sakit di Makkah dan Madinah ada 13 orang dari 8 kloter. Alhamdulilah berapa jamaah kita yang dirawat di rumah sakit kondisinya sudah mulai membaik," ujar Mahyudin.

Ia mengingatkan kepada jamaah haji dari Provinsi Riau untuk menjaga kesehatan terutama fisik dan menghindari terik siang hari langsung serta jangan terlalu memaksakan diri untuk beribadah secara penuh.

Sebab saat ini kondisi di Kota Makkah Al-Mukarramah cukup panas dan sudah mulai dipadati jemaah haji dari berbagai Negara.

"Selain itu cuaca saat ini di Kota Makkah cukup panas, antara 40 sampai 43 derajat," kata Mahyudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement