Jumat 16 Jun 2023 23:55 WIB

Sebanyak 12.750 Boks Makanan Disiapkan untuk Jamaah Haji Gelombang II di Madinah

Jamaah haji akan mendapatkan fasilitas makanan selera nusantara

Petugas layanan konsumsi Daker Madinah melaksanakan pemeriksaa  sampel katering jamaah haji Indonesia. Seperti diketahui, jamaah Indonesia mendapat jatah makan tiga kali sehari.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Petugas layanan konsumsi Daker Madinah melaksanakan pemeriksaa sampel katering jamaah haji Indonesia. Seperti diketahui, jamaah Indonesia mendapat jatah makan tiga kali sehari.

Oleh : Agung Sasongko, reporter Republika TV dari Madinah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH – Seluruh Jamaah haji yang tiba di Madinah, Arab Saudi tetap diberikan layanan konsumsi selain layanan akomodasi dan ibadah. Layanan Konsumsi Daerah Kerja (Daker) Madinah menyiapkan 12.750 boks makanan untuk jamaah haji gelombang kedua yang tiba di Madinah.

"Memang dari awal kita antisipasi kedatangan jamaah gelombang kedua. Walaupun harusnya mereka tiba di Jeddah, kami dapat info mereka datang ke Madinah sebanyak 4.250 orang. Kami secara sigap menyiapkan dapur-dapur yang bersedia melayani jamaah haji," ungkap Kasi Layanan Konsumsi, Daker Madinah Suviyanto, Jumat (16/6/2023). 

Baca Juga

Suviyanto menyebut, menu yang disajikan untuk jamaah gelombang dua ini sama dengan yang disajikan kepada jamaah gelombang pertama. 

"Ketika datang mereka diberi menu selamat datang. Namun karena berbeda dengan jamaah reguler biasa yang tinggal selama 9 hari untuk Arbain, jamaah gelombang dua ini hanya transit maka hanya diberikan menu selamat datang, menu makan pagi, siang dan malam sesuai waktu check in dan check out nya," ujarnya

Untuk jamaah haji gelombang dua ini, kata Suviyanto, apabila tidak terjadi perubahan pihaknya akan menyiapkan sekitar 12.750 boks makanan. 

"Estimasi kedatangan jemaah haji gelombang kedua itu 4.250 dari 16 kloter. Perhitungan kami 4.250 x 3 kali makan totalnya sekitar 12.750 boks untuk jemaah yang datang ke Madinah," katanya. 

Suviyanto mengaku telah mengonfirmasi sejumlah dapur yang bersedia melayani jemaah haji. Sebab berdasarkan informasi, kata Suviyanto, banyak dapur yang sudah selesai operasional dan pegawainya kini berada di Makkah untuk membantu pelayanan. Termasuk pelayanan di Masyair. 

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan 

"Kami secara sigap menyiapkan dapur- yang bersedia melayani jemaah haji. Kami konfirmasi ulang mana saja dapur-dapur yang siap bahan bakunya termasuk pegawai dan distribusinya," katanya. 

Hasilnya, ada lima dapur di Madinah yang siap menyediakan makanan hingga distribusi ke jamaah. 

"Kami sudah konfirmasi kepada 5 dapur yakni Baharhar, Andalus, Mezmeri, Noha dan Zidara. Mereka sanggup melayani jemaah haji gelombang kedua yang datang ke Madinah," katanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement