Sabtu 17 Jun 2023 22:27 WIB

Sembilan Ikhtiar Wujudkan Haji Ramah Lansia Tahun Ini

Ramah lansia menjadi tagline penyelenggaraaan haji

Jamaah haji lansia dan sakit di ruang tunggu Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, Rabu (7/6/2023)
Foto:

Oleh : Fuji E Permana. reporter Republika.co.id dari Makkah Arab Saudi

PPIH telah menyusun prosedur pelayanan di hotel jamaah, antara lain menyiapkan lobi dan lift prioritas lansia. Sejumlah stiker yang berisi informasi seputar lansia juga ditempatkan pada banyak titik di hotel jamaah.

Kelima, ikhtiar yang dilakukan dalam mewujudkan haji ramah lansia adalah mengurangi kegiatan seremonial di embarkasi. Hal ini penting dilakukan agar jamaah tidak kelelahan oleh kegiatan yang semata bersifat seremonial.

"Tiap embarkasi sejak awal kita imbau untuk tidak terlalu banyak dan lama menggelar seremonial untuk jamaah, misalnya saat pelepasan dan lainnya. Jika pun diadakan, maka kami minta jamaah lansia untuk tidak dilibatkan agar mereka dapat istirahat di kamar masing-masing," kata Subhan.

Ikhtiar keenam, disampaikan Subhan, menggelar bimbingan teknis bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan penekanan pada semangat Haji Ramah Lansia. Bimbingan teknis petugas adalah aktivitas yang rutin dilakukan sebagai bagian dari tahapan persiapan.

Namun, bimtek tahun ini dikemas sedikit berbeda. Selain penanaman nilai, bimtek juga diisi pelatihan praktis penanganan jamaah lansia dan risti, baik dari aspek kesehatan,pelindungan, dan lainnya.

"Selain penguatan bimtek, tahun ini juga dilakukan penambahan petugas yang disiapkan secara khusus untuk melayani lansia. Ada Bidang Layanan Lansia dalam struktur PPIH. Selain itu, petugas pada sektor khusus Masjid Nabawi dan Masjidil Haram ditambah. Demikian juga dengan tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah atau PKP3JH,” kata Subhan.

Baca juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

Ia menyampaikan, ikhtiar ketujuh, mengedukasi jamaah lansia agar tidak memaksakan diri dan memberikan pemahaman tentang berbagai alternatif kemudahan dalam ibadah haji.

Aspek pertama dilakukan baik secara langsung (daring) dalam beragam giat bimbingan ibadah di hotel yang dilakukan konsultan, maupun tidak langsung melalui beragam konten media sosial. Harapannya, pihak keluarga jamaah yang melek digital juga bisa mendapatkan informasi dan memberikan edukasi kepada orang tuanya yang berhaji.

Aspek kedua, Kemenag telah menyusun buku manasik haji bagi lansia. Selain itu, dibuat juga beragam poster dan konten informasi terkait dengan beragam kemudahan dalam manasik haji bagi jamaah lansia. Konten informasi ini dibuat dalam beragam bentuk agar mudah diakses dan dipahami oleh jamaah dan juga keluarganya.

Menjelang puncak haji, seluruh perhatian para konsultan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement