Kamis 22 Jun 2023 10:01 WIB

Arab Saudi Ingatkan Jamaah Haji Waspada Penipuan

Penipuan bisa berupa melakukan haji atas nama orang lain.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi Ingatkan Jamaah Haji Waspada Penipuan. Foto: Ilustrasi haji
Foto: Amr Nabil/AP
Arab Saudi Ingatkan Jamaah Haji Waspada Penipuan. Foto: Ilustrasi haji

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Keamanan Publik Saudi memperingatkan agar umat Muslim tidak jatuh ke dalam perangkap penipu, terkait layanan dan fasilitas yang berkaitan dengan pelaksanaan manasik haji. Ia meminta warga Saudi dan ekspatriat tidak menanggapi iklan palsu di media sosial.

Penipuan bisa berupa melakukan haji atas nama orang lain, mengamankan dan membagikan kupon adahi (hewan kurban) bagi jamaah haji, menjual gelang haji, mengamankan alat transportasi, maupun iklan menyesatkan lainnya yang dilakukan oleh penipu dan perusahaan palsu.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (22/6/2023), Keamanan Publik memperingatkan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan hukuman yang tegas terhadap mereka yang terlibat dalam praktik penipuan yang berkaitan dengan haji.

Dijelaskan pula Proyek Pemanfaatan Hewan Kurban Saudi adalah otoritas resmi yang terkait dengan pelaksanaan kurban atas nama jamaah. Hal ini dapat dibeli atau dilacak kinerjanya melalui tautan adahi.org.

Jamaah haji dapat menghubungi melalui nomor terpadu 920020193 untuk setiap pertanyaan dalam hal ini, serta untuk melacak permintaan. Keamanan Publik meminta warga dan penduduk untuk mematuhi peraturan dan instruksi haji.

Warga dapat melaporkan pelanggaran apa pun dengan menghubungi nomor 911 di wilayah Makkah, Riyadh dan Provinsi Timur, serta nomor 999 di wilayah Kerajaan lainnya. 

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/633577/SAUDI-ARABIA/Public-Security-warns-against-Hajj-scammers

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement