Senin 26 Jun 2023 08:58 WIB

Imbauan kepada Jamaah Haji, Silakan Beribadah Sunnah, Tapi Jangan Berlebihan

Jamaah haji harus mempersiapkan fisik dan mental menghadapi puncak haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah haji.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ilustrasi jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fase kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang dua ke Tanah Suci telah berakhir. Hal ini ditandai dengan kedatangan jamaah kuota tambahan yang tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) 34 Embarkasi Batam (BTH-34).

Kloter terakhir jamaah haji Indonesia ini mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Sabtu (24/6/2023) sekitar pukul 03.46 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Baca Juga

Kedatangan 165 jemaah Kloter BTH-34 ini disambut langsung Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Jeddah Eko Hartono, didampingi Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi Haryanto dan jajaran.

Dalam sambutannya, Eko mengingatkan jamaah untuk menjaga stamina dan kesehatan, apalagi operasional puncak ibadah haji tinggal tiga hari. Belum lagi cuaca di Kota Makkah sangat panas.

"Kami menyambut jamaah kloter terakhir dari Batam sebanyak 165 jamaah. Alhamdulillah tiba dengan selamat. Silakan melakukan ibadah sunah tapi jangan berlebihan," ujar dia dalam keterangan yang didapat Republika, Ahad (25/6/2023).

Ia pun mengucapkan syukur karena jamaah haji yang berasal dari Embarkasi Batam ini tiba dengan selamat di Jeddah.

Setelah istirahat sejenak di Plaza B3 Terminal Haji Bandara Jeddah, jamaah kemudian diangkut ke Makkah menggunakan bus. Mereka akan langsung melaksanakan ibadah umrah sekaligus persiapan menghadapi puncak haji.

Hingga tanggal penutupan kedatangan jamaah kemarin, total ada 558 kloter dengan jumlah 209.782 jamaah haji reguler yang telah tiba di Tanah Suci. Adapun rinciannya 276 kloter dengan 103.809 jamaah mendarat di Bandara Madinah, sementara 282 kloter dengan 105.973 jamaah mendarat di Bandara Madinah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement