Rabu 28 Jun 2023 00:01 WIB

2 Juta Jamaah Berkumpul di Mina dalam Puncak Haji

Haji tahun ini akan menjadi yang terbesar sejak 2019.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Meski mempersilahkan jamaah haji melakukan ibadah sunnah tarwiyah, pemerintah Indonesia tidak memfasilitasi ibadah tersebut.
Foto:

Pengaturan keamanan yang sangat mudah

Pihak berwenang Saudi dan misi haji dari berbagai negara telah menyelesaikan persiapan yang rumit dan pengaturan yang sangat mudah yang memungkinkan jamaah haji menyelesaikan perjalanan mereka ke kota tenda Mina.

Menteri Dalam Negeri dan Ketua Komite Haji Tertinggi Pangeran Abdulaziz Bin Saud Bin Naif memeriksa kesiapan pasukan keamanan haji. Dia menyaksikan parade pasukan keamanan yang berpartisipasi dalam operasi haji tahun ini di Makkah.

Parade ini menyaksikan latihan keamanan yang menunjukkan kemahiran dan keterampilan pasukan keamanan selain dari tampilan kendaraan khusus dan kendaraan lapis baja, dan pesawat keamanan dan helikopter yang mengambil bagian dalam operasi haji.

Menteri Garda Nasional Pangeran Abdullah Bin Bandar juga menyaksikan parade pasukan Garda Nasional di mana ia memeriksa kesiapan pasukan yang berpartisipasi dalam misi keamanan haji.

Sengatan matahari

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peringatan kepada jamaah haji terkait cuaca panas yang bisa memicu kelelahan. Karena musim haji tahun ini menyaksikan kenaikan suhu mencapai 43 Celsius, menimbulkan ancaman bagi kesehatan jamaah haji.

Kementerian mengimbau jamaah haji untuk berlindung dengan payung, minum banyak cairan, menghindari kelelahan, dan mengikuti instruksi kesehatan dan perilaku yang tepat, akan melindungi peziarah dari sengatan sinar matahari dan kelelahan akibat panas.

Kementerian telah mengalokasikan 217 tempat tidur untuk menerima kasus sengatan panas, termasuk 166 tempat tidur di rumah sakit Situs Suci, dan 51 tempat tidur di Makkah. Sementara Kementerian telah menyediakan sejumlah besar kipas kabut air di situs suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement