Selasa 04 Jul 2023 23:53 WIB

751 Juta Produk Makanan Dipasok ke Jamaah Haji

Komoditas yang paling banyak dikonsumsi adalah minuman.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Konsumsi jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Konsumsi jamaah haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Jumlah total produk makanan yang diberikan kepada jamaah selama musim haji 2023, di bawah pengawasan Kementerian Perdagangan berjumlah 751.655.000 item. Komoditas yang paling banyak dikonsumsi adalah minuman dengan total 406 juta botol produk susu dan jus, diikuti oleh lebih dari 207 juta botol air.

Volume roti panggang mencapai lebih dari 128 juta roti, sementara makanan siap saji mencatat lebih dari 7 juta porsi. Ini adalah tambahan dari lebih dari tiga juta cetakan es batu.

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (4/7/2023), kementerian telah menyiapkan rencana komprehensif untuk memastikan ketersediaan makanan yang berlimpah bagi para peziarah sepanjang musim haji. Kementerian mengizinkan lebih dari 700 truk transportasi untuk memasok gerai penjualan di tempat-tempat suci dengan semua komoditas dan produk makanan yang dibutuhkan oleh para peziarah.

Tim pemantau lapangan kementerian memastikan stok bahan makanan yang cukup di pasar, gudang, dan gerai penjualan sepanjang musim haji.

Tim juga memantau perusahaan komersial dan kios di Makkah dan Madinah untuk memeriksa kepatuhan mereka terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen, dan juga untuk mencegah segala macam pelanggaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement