Rabu 05 Jul 2023 11:51 WIB

Begini Teknis Distribusi Tambahan Air Zamzam 5 Liter Bagi Jamaah Indonesia

Air Zamzam akan dibawa oleh maskapai kemudian didistribusikan ke asrama haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi petugas membagikan air zamzam kepada jamaah haji.
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Ilustrasi petugas membagikan air zamzam kepada jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengambil kebijakan menambah air Zamzam yang dibagikan ke jamaah haji Indonesia. Kebijakan ini diumumkan bersamaan dengan pelepasan keberangkatan jemaah kloter pertama Embarakasi Batam (BTH 01) di Syisyah, Makkah, Senin (3/7/2023) lalu.

Dalam kurun lebih dari 10 tahun terakhir, jamaah haji Indonesia mendapat air Zamzam sebanyak 5 liter. Air itu sudah dikemas dalam galon, yang dimasukkan dalam kardus dan dibagikan ke jamaah setibanya di asrama haji debarkasi.

Baca Juga

Terkait pengirimannya, air Zamzam tersebut akan dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jamaah haji.

Lantas, bagaimana dengan skema distribusi tambahan air Zamzam ini? Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menyebut, "Setibanya di asrama haji debarkasi jamaah akan menerima 5 liter air Zamzam. Untuk 5 liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag Kab/Kota pada kesempatan berikutnya."

Ia menyebut setelah kebijakan menambah air Zamzam disepakati, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan. Rakor secara daring digelar untuk menyepakati teknis pengiriman air Zamzam tambahan bagi jamaah haji Indonesia.

Pihaknya dan maskapai sepakat untuk mengirim air Zamzam tambahan bagi jamaah haji Indonesia ini secara bertahap.

Setelah sampai di Tanah Air, air Zamzam tambahan ini akan didistribusikan ke Kemenag Provinsi untuk diteruskan ke Kankemenag Kabupaten/Kota.

"Jamaah haji nantinya bisa mengambil 5 liter tambahan air Zamzam itu di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing. Kami usahakan agar jaraknya tidak terlalu lama dari kepulangan jamaah," kata dia.

Sebelumnya Menag Yaqut menyampaikan kebijakan menambah 5 liter air Zamzam ini sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jamaah. Menurutnya, membawa air Zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jemaah haji Indonesia.

“Jamaah sudah ditambah air Zamzamnya menjadi 10 liter. Saya minta jemaah tidak memasukkan air Zamzam ke dalam koper, karena itu dilarang dalam aturan penerbangan. Koper jemaah yang membawa air Zamzam akan dibongkar,” ucap Menag. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement