Rabu 05 Jul 2023 19:56 WIB

Bandara Aceh Siapkan Rencana Operasi Sambut Kedatangan Jamaah Haji

Kedatangan jamaah haji di Aceh sebanyak 13 kloter.

Sejumlah keluarga dari jamaah haji menunggu kedatangan jamaah di Asrama Haji Kota Tangerang, Banten, Rabu (5/7/2023). Sebanyak 391 jamaah haji kloter pertama Tangerang tiba kembali di tanah air usai menunaikan ibadah haji.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah keluarga dari jamaah haji menunggu kedatangan jamaah di Asrama Haji Kota Tangerang, Banten, Rabu (5/7/2023). Sebanyak 391 jamaah haji kloter pertama Tangerang tiba kembali di tanah air usai menunaikan ibadah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan telah menyiapkan rencana operasi secara matang dalam upaya menyambut dan memperlancar kedatangan jamaah haji asal provinsi itu di Tanah Air.

"Alhamdulillah kedatangan kelompok terbang pertama berjalan dengan lancar dan kita terus memastikan rencana operasi ini berjalan secara maksimal guna memberikan pelayanan terbaik kepada Tamu Allah yang telah kembali ke Tanah Air," kata Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Darmadi di Aceh Besar, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga

Sebanyak 392 peserta haji kelompok terbang (kloter) pertama Debarkasi Aceh tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar pada Rabu (5/7/2023) sekitar pukul 03.17 WIB.

Ia menjelaskan terkait rencana operasi kepulangan haji bahwa pesawat akan di parkir di parking stand 8 kemudian jamaah akan turun dan langsung naik ke dalam bus untuk menuju ke asrama haji.

"Ini dilakukan demi memberikan kenyamanan dan tentu dengan tetap mengedepankan keselamatan jamaah," katanya.

Ia mengatakan Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) akan menyambut kedatangan jamaah haji pada 4 Juli-3 Agustus 2023 yang tergabung dalam 13 kelompok terbang.

"Kedatangan jamaah haji di Aceh sebanyak 13 kloter dan kami siap untuk menyambut kepulangan jamaah haji," katanya.

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menjadi satu dari enam bandara AP II yang menjadi debarkasi haji pada musim haji 1444 Hijriyah.

Sebelumnya, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan sebanyak 6 bandara AP II yang menjadi debarkasi haji telah menetapkan rencana operasi guna memastikan kelancaran kedatangan jamaah haji.

"Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan seperti Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, maskapai, ground handling dan lainnya sehingga 6 bandara telah sukses mendukung keberangkatan penerbangan haji pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023," katanya.

Ia menjelaskan terus memastikan kesiapan seluruh fasilitas operasional, pelayanan dan keamanan di bandara AP II untuk maksimal dalam menyambut kedatangan jamaah haji.

Bandara AP II yang menjadi debarkasi haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement