Kamis 06 Jul 2023 03:41 WIB

60 Petugas Mobility Services Saudi Bantu Jamaah lansia Selama Haji 2023 

Haji 2023 berjalan dengan baik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Suasana haji 2023.
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Suasana haji 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Sebanyak 60 anggota staf Departemen Layanan Mobilitas Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi memberikan layanan kemanusiaan kepada jamaah lanjut usia (lansia) dan penyandang cacat. Mereka berupaya membantu jamaah mengakses Masjid Nabawi pada waktu sholat dan untuk kunjungan.

Puluhan petugas ini bekerja sepanjang waktu, mengangkut jamaah lanjut usia dan cacat di halaman Masjid Nabawi dengan mobil golf listrik yang dapat menampung beberapa orang.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (4/7/2023), layanan ini merupakan bagian dari inisiatif kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga kesehatan, keamanan, dan sukarelawan Saudi, untuk melayani jamaah dan membuat ibadah haji berjalan nyaman.

Sejak awal musim haji, Mobility Services Department disebut telah mengangkut 700.000 orang. Mereka adalah jamaah lanjut usia dan penyandang cacat, orang yang mengikuti prosesi pemakaman, maupun wanita mengunjungi pameran di sekitar arsitektur Masjid Nabawi.

Tahun ini Saudi juga menyediakan layanan kursi roda elektrik untuk pertama kalinya. Tercatat selama musim ini lebih dari 100 jamaah pria dan wanita merasakan manfaat dari inisiatif tersebut.

Motawifs of Arab Pilgrims Company meluncurkan inisiatif ini dalam tahap percobaan selama musim haji. Layanan tersebut disediakan untuk melayani orang tua di tempat suci, dipimpin oleh delegasi yang terlatih dari departemen layanan umum di perusahaan.

Tujuan diluncurkannya inisiatif ini adalah untuk mengangkut jamaah yang hilang dan lanjut usia (lansia) ke kamp mereka.

Selain itu, Wakil Pengawas departemen layanan umum di perusahaan tersebut Dr. Jamal Ghoneim menyebut kursi roda elektrik ini juga bisa digunakan untuk membawa pasien ke rumah sakit, maupun memindahkan almarhum dari tempat suci bila diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement