Jumat 07 Jul 2023 20:18 WIB

Rombongan Awal Jamaah Haji Kabupaten Semarang Tiba Lusa

Mereka terdiri dari 81 orang jamaah haji.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Batam tiba di Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau, Selasa (4/7/2023)malam. Sebanyak 369 jamaah haji kloter pertama asal Kepri telah kembali setelah menunaikan ibadah haji.
Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Batam tiba di Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau, Selasa (4/7/2023)malam. Sebanyak 369 jamaah haji kloter pertama asal Kepri telah kembali setelah menunaikan ibadah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Rombongan awal kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Semarang dijadwalkan tiba di Embarkasi Adi Somermo, Solo, Ahad (9/7/2023) malam. Mereka terdiri dari 81 orang jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 15.

Berdasarkan jadwal yang diterima oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang, rombongan awal jamaah haji Kabupaten Semarang ini bakal mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Ahad pukul 23.00 WIB.

Baca Juga

Ke-81 orang jamaah haji Kloter 15 asal Kabupaten Semarang ini berasal dari tiga wilayah kecamatan, masing- masing Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Pringapus dan Kecamatan Ungaran Barat.

“Perinciannya, dari Kecamatan Kaliwungu sebanyak 20 orang jamaah haji, Kecamatan Pringapus 22 orang jamaah haji dan Kecamatan Ungaran Barat sebanyak 39 orang jamaah haji,” kata Kasi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Titik Halimah, di Ungaran, Jumat (7/7/2023).

Setelah tiba di Embarkasi Solo, jamaah haji yang baru tiba akan menuju Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali terlebih dahulu, sebelum kembali ke wilayah kecamatan masing- masing.

Untuk kepulangan jamaah haji dari Asrama Haji Donohudan diangkut dengan bus yang telah dipersiapkan dan akan mengantar hingga tiga tujuan lokasi ujuan akhir (penjemputan) yang berbeda.

Masing-masing di Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Pringapus dan untuk para jamaah asal Kecamatan Ungaran Barat, titik penjemputannya ada di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, di Ungaran.

“Sesuai dengan rencana, keberangkatan bus pengangkut jamaah haji dari Asrama Haji Donohudan menuju kecamatan asal masing- masing, dijadwalkan pada Senin (10/7) pukul 00.30 WIB ,” ungkapnya.

Titik juga menyampaikan, berbagai persiapan untuk menyambut kepulangan rombongan awal jamaah haji asal kabupaten semarang ini telah dilaksanakan. Kantor Kemenag Kabupaten Semarang juga berkoordinasi dengan instansi terkait.

Seperti dengan Pemkaab Semarang dalam hal pelayanan akomodasi transportasi dan konsumsi. Demikian halnya dengan Polres Semarang terkait dengan keamanan dan pengawalan perjalanan rombongan.

Termasuk juga dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang serta Kepala Kantor urusan Agama (KUA) masing-masing asal para jamaah haji. “Termasuk juga berkoordinasi dengan Bupati Semarang untuk penyambutan,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement