Jumat 07 Jul 2023 22:29 WIB

Jamaah Haji Dapat Jatah Zamzam 10 Liter, Lalu Bagaimana Teknis Pembagiannya?  

Air zamzam dibagikan ke jamaah haji secara cuma-cuma

Petugas membagikan air zamzam (ilustrasi). Air zamzam dibagikan ke jamaah haji secara cuma-cuma
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Petugas membagikan air zamzam (ilustrasi). Air zamzam dibagikan ke jamaah haji secara cuma-cuma

Oleh : Fuji E Permana. reporter Republika.co.id dari Makkah Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKKAH – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mengambil kebijakan untuk menambah air zamzam yang dibagikan ke jamaah haji Indonesia. 

Kebijakan ini diumumkan bersamaan dengan pelepasan keberangkatan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Batam (BTH 01) di Syisyah-Makkah pada 3 Juli 2023.

Baca Juga

Menag Yaqut menyampaikan bahwa 10 liter air zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi. Mudah-mudahan air zamzam yang diberikan membawa berkah buat bapak ibu jamaah haji semuanya.

Menag Yaqut mengatakan, kebijakan menambah 5 liter air zamzam ini sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jamaah. Membawa air zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jamaah haji Indonesia.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab, mengatakan, dalam kurun lebih dari 10 tahun terakhir, jamaah haji Indonesia mendapat air zamzam sebanyak 5 liter. 

Air Zamzam itu sudah dikemas dalam galon yang dimasukkan dalam kardus dan dibagikan ke jemaah setibanya di asrama haji debarkasi.

"Air Zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jamaah haji," kata Saiful di Makkah, Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

Saiful mengatakan, setibanya di Asrama Haji debarkasi, jamaah haji akan menerima 5 liter air zamzam. Untuk 5 liter tambahannya akan diterima di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota pada kesempatan berikutnya.

Menurut Saiful, setelah kebijakan menambah air zamzam disepakati, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan. Rapat koordinasi secara daring digelar  uk menyepakati teknis pengiriman air zamzam tambahan bagi jamaah haji Indonesia.

"Kami dan maskapai sepakat untuk mengirim air zamzam tambahan untuk jamaah haji Indonesia secara bertahap. Setelah sampai di Tanah Air, air zamzam tambahan ini akan didistribusikan ke Kemenag Provinsi untuk diteruskan ke Kankemenag Kabupaten/Kota," ujar Saiful.

Saiful menambahkan, jamaah haji nantinya bisa mengambil 5 liter tambahan air zamzam itu di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement