Sabtu 08 Jul 2023 06:17 WIB

Raja Salman: Arab Saudi bangga Melayani Dua Masjid Suci dan Jamaah

Musim haji tahun ini berlangsung tanpa wabah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Raja Salman: Arab Saudi bangga Melayani Dua Masjid Suci dan Jamaah. Foto: Raja Salman
Foto: EPA-EFE/BANDAR ALJALOUD
Raja Salman: Arab Saudi bangga Melayani Dua Masjid Suci dan Jamaah. Foto: Raja Salman

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman menekankan bahwa Arab Saudi bangga mendapat kehormatan untuk melayani Dua Masjid Suci dan para jamaah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang begitu besar dalam mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji.

Dilansir dari laman Saudi Gazette pada Jumat (7/7/2023), Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman juga memuji upaya besar yang dilakukan oleh semua lembaga pemerintah dan swasta untuk keberhasilan operasi haji.

Baca Juga

Raja dan Putra Mahkota membuat pernyataan dalam balasan yang dikirim ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Ketua Komite Haji Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif. Menteri Dalam Negeri sebelumnya telah mengirim ucapan selamat kepada Raja dan Putra Mahkota pada kesempatan Idul Adha dan keberhasilan ibadah haji tahunan.

“Musim haji tahun ini sukses karena diadakan di lingkungan yang sehat bebas dari penyakit dan wabah,” kata Raja dalam balasannya sambil berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk ini.

Di samping itu, Raja juga berterima kasih atas upaya luar biasa yang dilakukan oleh semua orang di tingkat keamanan terpadu, pencegahan, organisasi, kesehatan, layanan, dan rencana lalu lintas dalam persiapan dan pelaksanaan rencana operasional haji mereka.

“Ini memungkinkan para tamu Tuhan, yang jumlahnya kembali seperti sebelum merebaknya pandemi virus corona, untuk melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman, dalam suasana yang penuh spiritualitas, ketenangan, dan iman,” kata dia.

Raja Salman memuji dan berterima kasih atas rahmat dan kemurahan Tuhan atas keberhasilan musim haji tahun ini. “Kami merasa terhormat untuk melayani Dua Masjid Suci serta jamaah dan pengunjung haji dan umrah. Kehormatan ini, yang dibanggakan Kerajaan, memberinya tanggung jawab besar sehingga memanfaatkan semua kemampuan dan sumber daya material dan manusianya untuk melayani mereka,” ucapnya.

Sementara dalam telegram balasannya, Putra Mahkota memuji keberhasilan luar biasa dari operasi haji Kerajaan. “Upaya besar dari kepemimpinan dan rakyat Saudi, di bawah perlindungan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, telah memfasilitasi kinerja ritual Islam yang agung ini, yang mana Tuhan telah menghormati negara yang diberkati ini,” kata dia.

Putra Mahkota mengucapkan terima kasih kepada Mendagri, para amir dari berbagai daerah, anggota Majelis Tinggi Haji, aparat keamanan dan seluruh pegawai instansi pemerintah dan swasta yang telah berpartisipasi melayani para tamu Allah di musim haji tahun ini.

Dia berdoa kepada Tuhan untuk melindungi Raja Salman dan mengabadikan berkah keamanan dan keselamatan Kerajaan. Selain itu juga berdoa agar ibadah haji jamaah diterima dan memungkinkan mereka untuk kembali ke tanah air dengan aman dan nyaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement