Jumat 14 Jul 2023 09:00 WIB

Arab Saudi Kirim 90 Ribu Galon Air Zamzam Tambahan ke Indonesia

Air zamzam tambahan tersebut rencananya akan dikirim ke 13 embarkasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Petugas membongkar ribuan galon air zamzam di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Ilustrasi. Petugas membongkar ribuan galon air zamzam di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi secara bertahap mengirim tambahan air zamzam untuk jamaah haji Indonesia. Tercatat, 90 ribu galon air zamzam ukuran lima liter telah dikirim.

"Sampai hari ini, baru 90 ribu galon air zamzam yang sudah kita kirim. Jadi, masih banyak yang harus dikirim," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga

Air zamzam tambahan tersebut rencananya akan dikirim ke 13 embarkasi di seluruh Indonesia. Untuk pengambilannya, menunggu informasi lanjutan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di masing-masing daerah.

"Secara teknis, jamaah atau keluarga bisa mengambil di Embarkasi dengan membawa paspor jamaah bersangkutan. Waktunya menunggu informasi dari Kanwil, ya," lanjut dia.

Seperti diketahui, di tahun ini jamaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air zamzam sebanyak lima liter. Sehingga, total air zamzam yang akan diterima jamaah sebanyak 10 liter.

Pembagian air zamzam lima liter pertama bisa segera diterima jamaah setibanya di debarkasi. Adapun tambahan lima liter selanjutnya berikutnya menunggu pengiriman tahap dua dari Arab Saudi.

Tambahan lima liter air zamzam ini menjadi berkah tersendiri bagi jamaah Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir jamaah haji Indonesia hanya memperoleh air zamzam sebanyak lima liter.

Kabar gembira tersebut pertama kali disampaikan oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Hal ini bersamaan dengan momen pelepasan keberangkatan jemaah kloter pertama Embarkasi Batam (BTH 1), 3 Juli 2023 di Syisyah, Makkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement