Jumat 14 Jul 2023 20:42 WIB

Arab Saudi; Kami Selalu Saksikan Kegigihan Petugas Haji Indonesia Layani Jamaah Haji

Petugas haji Indonesia diapresiasi pemerintah Arab Saudi.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Erdy Nasrul
Petugas membantu seorang peserta ibadah haji kloter BTH 1 menaiki bus di Hotel 310 Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Senin (3/7/2023). Sebanyak 14 kloter akan diterbangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah pada 4 Juli 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Petugas membantu seorang peserta ibadah haji kloter BTH 1 menaiki bus di Hotel 310 Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Senin (3/7/2023). Sebanyak 14 kloter akan diterbangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah pada 4 Juli 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH --  Direktur Fasilitas Pelayanan Haji Madinah, Adnan Bin Ghalib Bin Khalil Dabur, mengapresiasi kesigapan para petugas haji Indonesia dalam melayani jamaah. "Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para petugas haji Indonesia yang kooperatif dan sigap," kata Adnan, panggilan Adnan Bin Ghalib Bin Khalil Dabur, kepada para petugas haji Indonesia di Sektor Khusus Masjid Nabawi, Jumat (14/7/2023) selepas salat Jumat.

Menurut Adnan, layanan di pos-pos tempat ibadah dan ziarah di sekitar Madinah sejatinya merupakan otoritasnya. Namun, ia mengaku sangat terbantu dengan adanya para petugas, khususnya petugas haji dari Indonesia."Sangat terbantu sekali. Terimakasih banyak. Semoga Allah membalas dengan balasan terbaik," ucapnya dalam bahasa Arab.

Baca Juga

Adnan juga mengaku selalu menyaksikan para petugas haji Indonesia di pos-pos pelayanan haji dari waktu ke waktu."Kami melihat dari waktu ke waktu. Pagi, siang, sore bahkan malam petugas haji dari Indonesia konsisten melayani jamaah haji," lanjut Adna sampaikan sanjungan kepada para petugas.

Salah satu petugas haji Indonesia yang berkomunikasi langsung dengan otoritas layanan haji di Madinah, Ubaidillah, mempertegas sanjungan pihak Arab Saudi kepada petugas haji Indonesia.

"Iya, tadi saya berkomunikasi dengan Syaikh Adnan. Beliau gembira sekali dengan layanan para petugas haji Indonesia," kata pria yang merupakan Kepala Seksi Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja Madinah 2023.

Ubaidillah juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak otoritas layanan haji yang telah banyak membantu para petugas haji, khususnya di wilayah Masjid Nabawi.

 

"Saya mewakili petugas tadi yang berkomunikasi, menyampaikan terimakasih juga kepada mereka, banyak membantu para petugas melayani tamu-tamu Allah," ujar Ubaidilah.

 

Jumlah Petugas Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Madinah sendiri terdiri dari 580 petugas. Mereka terbagi dalam beberapa layanan, yaitu layanan akomodasi, transportasi, katering, lansia, Media Center Haji (MCH), kepulangan/Yanpul, pembimbing ibadah (bimbad) dan siskohat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement