Jumat 14 Jul 2023 21:50 WIB

Terjadi Lonjakan Hingga 96 Persen Pengguna Kereta Haramain

Kereta Api Haramain dengan kecepatan tinggi melayani hingga 126 perjalanan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah Umroh Abhinaya Tour & Travel berfoto di depan kereta cepat Haramain,  Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Memberikan pengalaman menaiki kereta cepat dari Makah-Madinah atau sebaliknya merupakan salah satu program unggulan dari Abhinaya Tour & Travel. Dengan kecepatan 300 km per jam, perjalanan antara Makkah-Madinah dan sebaliknya akan ditempuh kurang dari 2,5 jam dengan rute terbentang sepanjang 450 kilometer. Kereta cepat pun menjadi solusi perjalanan cepat, nyaman dan aman bila dibandingkan dengan naik bisa bisa menempuh perjalan mencapai 6 jam.
Foto: Republika/Prayogi
Jamaah Umroh Abhinaya Tour & Travel berfoto di depan kereta cepat Haramain, Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Memberikan pengalaman menaiki kereta cepat dari Makah-Madinah atau sebaliknya merupakan salah satu program unggulan dari Abhinaya Tour & Travel. Dengan kecepatan 300 km per jam, perjalanan antara Makkah-Madinah dan sebaliknya akan ditempuh kurang dari 2,5 jam dengan rute terbentang sepanjang 450 kilometer. Kereta cepat pun menjadi solusi perjalanan cepat, nyaman dan aman bila dibandingkan dengan naik bisa bisa menempuh perjalan mencapai 6 jam.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Perusahaan Kereta Api Saudi (SAR) mengatakan, jumlah penumpang yang menggunakan Kereta Api Berkecepatan Tinggi Haramain selama Haji 2023 mencapai lebih dari 750 ribu orang, dengan peningkatan 96 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Perusahaan mengungkapkan hal ini saat mengumumkan keberhasilan penyelesaian rencana operasionalnya untuk Kereta Api Berkecepatan Tinggi Haramain untuk musim haji tahun ini.

Baca Juga

Jumlah perjalanan yang dioperasikan pada haji 2023 mencapai 3.627, yang merupakan peningkatan 79 persen, dibandingkan tahun sebelumnya.

Dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (14/7/2023), SAR mengatakan perjalanan Kereta Api Haramain dengan kecepatan tinggi melayani hingga 126 perjalanan selama hari-hari puncak, mengingat tingginya permintaan.

 

SAR mengoperasikan perjalanan tambahan selama musim ini untuk melayani para peziarah haji. Jumlah perjalanan pada hari ke-7 Dhuhijah mencapai 131 perjalanan, yang merupakan jumlah perjalanan tertinggi dalam satu hari dalam sejarah Kereta Api Harmain. 60 di antaranya berangkat dari stasiun Makkah, dengan 6 pemberangkatan dari stasiun setiap jamnya.

Jumlah perjalanan melebihi 3.400 perjalanan terjadwal selama haji 2023 dengan 227 perjalanan tambahan.

Kereta Api Harmain telah mengangkut para peziarah haji dan pelancong lain antara Makkah dan Madinah, dengan berhenti di stasiun utama di Jeddah dan Bandara Internasional Raja Abdulaziz, selain Kota Ekonomi Raja Abdullah di Rabigh.

Komitmen terhadap jadwal kedatangan dan keberangkatan mencapai 98 persen, yang berkontribusi untuk menyediakan pilihan yang yang lebih luas bagi calon penumpang.

Wakil Presiden Eksekutif Kereta Api Haramain dan Kereta Situs Suci di SAR, Eng. Rayan Al-Harbi, mengatakan, implementasi rencana operasi untuk Kereta Api Haramain dilakukan dalam mekanisme yang disetujui berkoordinasi dengan Perusahaan Proyek Kereta Api Saudi-Spanyol, yang mengoperasikan Kereta Api Haramain, dan otoritas terkait.

Ini juga telah dilaksanakan dalam rencana operasional yang komprehensif untuk memfasilitasi perjalanan para peziarah haji dari dan ke dua Masjid Suci dengan aman dan nyaman.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement