Rabu 26 Jul 2023 20:57 WIB

Bandara Ahmad Yani Siapkan Area Khusus Pengantar dan Penjemput Jamaah Umroh

Bandara Ahmad Yani akan melayani penerbangan langsung umroh per 1 Agustus 2023.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ani Nursalikah
 Salah satu fasilitas ruang tunggu penumpang yang dipersiapkan oleh PT Angkasa Pura 1 Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, jelang dibukanya penerbangan langsung layanan umroh, Semarang-Madinah, Rabu (26/7).
Foto: Dokumen
Salah satu fasilitas ruang tunggu penumpang yang dipersiapkan oleh PT Angkasa Pura 1 Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, jelang dibukanya penerbangan langsung layanan umroh, Semarang-Madinah, Rabu (26/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, menyiapkan area parkir dan meeting point khusus bagi layanan penerbangan umroh.

Area parkir dan meeting point khusus tersebut bagi para pengantar dan penjemput jamaah umroh. Area ini berada di area sekitar kawasan masjid di lingkungan bandara.

Baca Juga

"Ini untuk memperlancar arus layanan jamaah umroh," ungkap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto, Rabu (26/7/2023).

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang akan melayani penerbangan langsung umroh per 1 Agustus 2023. Penerbangan langsung perdana layanan umroh ini akan melayani rute Semarang menuju Madinah.

Guna memberikan layanan optimal bagi calon jamaah umroh dari Kota Semarang dan sekitarnya, manajemen bandara setempat bersama stakeholder terkait melakukan berbagai rangkaian persiapan fasilitas.

“Selain memastikan kesiapan fasilitas, pada persiapan awal, kami juga berkoordinasi dengan fasilitas custom, immigration, quarantine (CIQ) guna memastikaan kesiapan para personel," jelasnya.

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga telah melakukan berbagai rangkaian peninjauan lapangan bersama stakeholder terkait. Persiapan tidak hanya dilakukan dari sisi terminal, namun juga dilakukan pada sisi udara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Termasuk memastikan kesiapan seluruh personel pendukung pelayanan, baik personel operasi, teknik dan personil pelayanan. Selain itu, untuk memperlancar arus jamaah umroh akan disediakan meeting point dan area parkir khusus bagi pengantar dan penjemput jamaah umroh.

Dengan begitu, layanan untuk umroh ini tidak akan menyatu dengan aktivitas kepadatan pengunjung maupun pengguna jasa bandara. "Sebaliknya, para pengguna jasa bandara juga akan tetap merasa nyaman selama berada di kawasan  bandara," ungkapnya.

Masih terkait kesiapan layanan umroh ini, Hardi juga mengatakan, seluruh komponen penunjang penerbangan tersedia dan dalam kondisi prima. "Sehingga, seluruh rencana penerbangan layanan umrah di Bandara Ahmad Yani ini dapat berjalan dengan aman, lancar serta berkeselaman," jelas Hardi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement