Kamis 27 Jul 2023 09:08 WIB

Lomba Video Haji Ramah Lansia Diumumkan, Menag: Gambaran Nyata Kinerja Petugas

Haji ramah lansia menjadi tagar penyelenggaraan ibadah tersebut.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Jamaah Haji saat tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (21/7/2023). Dari 784 jamaah haji, 780 jamaah haji kloter 19 dan kloter 20 asal Papua Barat dan Papua Barat Daya tiba dengan selamat di daerah masing-masing, sementara 2 jamaah dilaporkan meninggal dunia dan 2 orang lainnya sakit dalam perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.
Foto: Antara/Olha Mulalinda
Jamaah Haji saat tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (21/7/2023). Dari 784 jamaah haji, 780 jamaah haji kloter 19 dan kloter 20 asal Papua Barat dan Papua Barat Daya tiba dengan selamat di daerah masing-masing, sementara 2 jamaah dilaporkan meninggal dunia dan 2 orang lainnya sakit dalam perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil lomba video "Inovasi Layanan Haji Ramah Lansia" diumumkan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M. Pengumuman lomba ini bersamaan dengan berakhirnya operasional penyelenggaraan haji Daerah Kerja (Daker) Makkah.

Total ada 25 video yang didaftarkan untuk dua kategori, Daerah Kerja (Daker) dan Sektor Perumahan Jamaah. Untuk kategori Daker, diikuti oleh Daker Makkah, Daker Bandara, Daker Madinah, KKHI Daker Madinah, KKHI Daker Bandara, dan Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah.

Baca Juga

Untuk kategori sektor, lomba diikuti 11 sektor perumahan di Daker Makkah dan Sektor Khusus Masjidil Haram, serta lima sektor di Daker Madinah, Sektor Khusus Bir Ali, dan Sektor Khusus Masjid Nabawi

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi penyelenggaraan lomba video Inovasi Layanan Haji Ramah Lansia. Video yang dikirimkan merekam kinerja para petugas haji dalam melayani jamaah haji.

"Terima kasih dan apresiasi atas dedikasi petugas, produk videonya bagus-bagus, meski proses produksinya banyak yang hanya menggunakan kamera ponsel," sebutnya di Jakarta, Rabu (27/7/2023).

Menag Yaqut menegaskan, apa yang terlihat dalam video adalah gambaran nyata dari kerja petugas dalam melayani jamaah haji Indonesia, termasuk para jamaah lansia. Beberapa bulan lalu, apa yang petugas haji kerjakan sekarang hanyalah sebuah gagasan. Saat itu, mereka hanya membayangkan bagaimana jamaah lansia bisa segera beribadah haji.

"Kami memulai semua ini dengan modal mimpi, harapan, dan niat mulia. Mimpi dan niat mulia agar kami tidak sekedar bermanfaat untuk diri sendiri saja, tapi juga bagaimana kita semua bisa membantu orang lain. Kami bahkan tidak pernah membayangkan bisa sampai sebermakna ini," ujar Menag Yaqut.

Menag Yaqut mengaku bangga dan bahagia melihat kinerja petugas haji yang telah memberikan manfaat ke ratusan ribu jamaah haji, utamanya jamaah haji lansia. Apresiasi yang diberikan kepada para petugas haji, tidak akan tercipta kalau bukan karena kerja keras dan gotong-royong mereka melayani jamaah.

Namun, karena keterbatasan durasi, tentu masih banyak potret kinerja petugas yang belum dimunculkan.

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif para petugas membuat inovasi layanan kepada jamaah, seperti membuat bubur, jus, dan lain-lain. Kinerja petugas sangat luar biasa. Menggendong, memapah, menyuapi, membersihkan kotoran, nyebokin. Masya Allah sangat terharu. Insya Allah semua amal baik dicatat Allah," kata Menag Yaqut.

Ia mengingatkan, puncak dari ibadah para petugas sejatinya adalah memberikan layanan terbaik, tulus, ikhlas kepada para jamaah haji, layaknya para orang tua sendiri.

"Sekali lagi, hormat saya setinggi-tingginya kepada para petugas haji. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya dan meridhoi setiap apa yang kalian kerjakan. Jazakumullah ahsanal jaza’. Hanya Gusti Allah yang mampu membalasnya," ujar Menag Yaqut.

Berikut ini daftar pemenang lomba video Inovasi Layanan Haji Ramah Lansia.

Kategori Daker:

1. Juara I: Kantor Urusan Haji (KUH). Judul "Inovasi Haji Ramah Lansia"

2. Juara II: Daker Makkah. Judul "Harmoni dalam Safari (Safari Wukuf Lansia)"

3. Juara III: Daker Madinah. Judul "Haji Ramah Lansia"

 

Kategori Sektor:

1. Juara I: Sektor 2 Daker Makkah. Judul "Jamaahku Keluargaku"

2. Juara II: Sektor 3 Daker Makkah. Judul "Lansia yang Utama"

3. Juara III: Sektor 8 Daker Makkah. Judul "Layanan Juz Apel dan Visduk Lansia"

 

Seluruh video bisa diunduh melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement