Senin 07 Aug 2023 13:50 WIB

Ini Keutamaan Air Zamzam

Air zamzam memiliki banyak keutamaan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa (11/4/2023). Masjid Nabawi bersiap menghadapi lonjakan jamaah di 10 hari terakhir Ramadhan.
Foto: Saudi Gazette
Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa (11/4/2023). Masjid Nabawi bersiap menghadapi lonjakan jamaah di 10 hari terakhir Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zamzam adalah air yang diberkahi, yang memuaskan dahaga orang-orang di seluruh dunia, terutama para haji yang melakukan perjalanan ke Makkah dan Madinah untuk berhaji. 

 

Baca Juga

Dilansir di Rising Kashmir, manfaat air zamzam di antaranya:

 

  • Air zamzam dikenal dengan kemurniannya, sifatnya yang menyejukkan dan menyegarkan dan menghilangkan dahaga.
  • Salah satu fitur paling menakjubkan dari kota suci Makkah adalah sumur zamzam yang terletak di dalam Masjid Al Haram, di Arab Saudi, hanya 20 meter di sebelah timur Kakbah. Sumur itu ada ketika bayi laki-laki Ibrahim (AS), Ismail (AS), dan ibunya Hajar (AS), yang ditinggalkan terdampar di padang pasir, haus dan lelah, ketika sumber air ajaib muncul di kaki Ismail untuk mengenyangkan mereka. Dan kini dikenal sebagai air zamzam. Tidak ada yang biasa tentang itu. Keajaiban bagaimana ia bisa berada di tengah padang pasir, konsistensinya selama ribuan tahun, kualitasnya yang bermanfaat.
  • Faktanya, sumur kecil sedalam 30 meter ini jauh dari sumber atau sumur air lain, mengisi ulang diri sendiri, dan menghasilkan hampir 20 liter per detik air dan galon demi galon air untuk konsumsi jamaah yang haus ditambah jumlah tambahan yang dibotolkan dan jumlah yang diambil sebagai hadiah yang didistribusikan ke seluruh dunia hingga jutaan. Sumur zamzam digali dengan tangan dan memiliki kedalaman sekitar 30 meter dan diameter 1,08 hingga 2,66 meter dan dimulai 4.000 tahun yang lalu.
  • Air zamzam secara ilmiah telah terbukti memiliki kualitas penyembuhan karena kandungan garam kalsium dan magnesiumnya yang lebih tinggi dan juga fluorida alami yang mencakup aksi kuman. Ini adalah air alkali alami yang tidak pernah diawetkan, diolah, atau diolah secara kimiawi.
  • Meningkatkan tingkat energi dalam sel kita. Kepala pusat medis terbesar di Munich, ilmuwan Jerman Dr. Knut Pfeiffer, telah lama mempelajari efek dan manfaat air zamzam. Salah satu teorinya yang paling menarik adalah bahwa air meningkatkan tingkat energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia, yang dapat dibuktikannya dengan banyak penelitian dan uji coba yang tak terhitung jumlahnya. Minum air zamzam dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.
  • Tidak mengandung kuman atau bakteri. Menurut Dr. Yahya Koshak, dan mengikuti serangkaian tes menggunakan teknologi ultraviolet melalui Eropa dan Arab Saudi, air zamzam ditemukan benar-benar bebas dari kuman dan bakteri.
  • Dikenal karena kemurniannya. Dengan jumlah bikarbonat sempurna yang lebih tinggi dari total yang ditemukan dalam air, air zamzam umumnya dikenal sebagai yang paling murni di planet ini karena mengandung bikarbonat dalam jumlah yang cukup (366mg/l), yang bahkan lebih tinggi dari air Pegunungan Alpen Prancis (bikarbonat-357mg/l). Air zamzam tidak memiliki warna atau bau tetapi memiliki rasa yang berbeda.
  • Kaya akan kalsium dan magnesium. Air zamzam telah terbukti secara ilmiah mengandung kadar kalsium dan magnesium yang sangat tinggi, yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan memperkuat tulang.
  • Mendorong pertumbuhan tulang yang sehat. Karena kalsium air zamzam yang melimpah, air secara positif memengaruhi tubuh manusia, terutama tulang karena mereka menyerap vitamin dan bermanfaat untuk pertumbuhan yang lebih baik. Air zamzam secara ilmiah telah terbukti memiliki kualitas penyembuhan karena kandungan garam kalsium dan magnesiumnya yang lebih tinggi dan fluorida alami yang mencakup aksi kuman.
  • Meningkatkan metabolisme. Minum air zamzam dianjurkan di kalangan wanita hamil yang mungkin mengalami kelelahan selama kehamilan mereka. Ini juga dilaporkan meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Air terbaik di bumi. Nabi Muhammad (SAW) mengatakan bahwa air terbaik di bumi adalah air zamzam. Menurut Nabi itu seperti makanan dan memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit.
  • Meningkatkan trombosit darah. Air zamzam membantu meningkatkan trombosit darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan sel darah putih, sel darah merah, dan detoksifikasi tubuh.
  • Membantu Menambah berat badan. Asupan rutin cairan yang luar biasa ini membantu menyehatkan tubuh dan dapat menambah berat badan Anda.
  • Meningkatkan kecantikan mata. Menerapkan air ini di atas mata Anda membantu mencerahkan penglihatan. Mencuci mata dengan air suci ini juga membantu untuk menyembuhkan banyak penyakit yang berhubungan dengan mata.
  • Mengurangi keasaman dan mulas. Air bersifat basa, yang menetralkan kelebihan asam yang terbentuk di perut sehingga bermanfaat untuk hiperasiditas dan mulas.
  • Tidak Ada Pertumbuhan Biologis. Sumur zamzam kini berusia 4000 tahun. Terlepas dari kenyataan bahwa sumur zamzam sangat tua, tidak ada pertumbuhan biologis seperti ganggang atau partikel jamur yang ada di dalamnya, yang merupakan sifat unik dari air suci ini.
  • Stimulasi Aquaporin. Aquaporin, juga disebut saluran air, adalah pori-pori di membran sel biologis, terutama memfasilitasi pengangkutan air antar sel. Air zamzam memiliki kemampuan merangsang aquaporin dan dengan demikian meningkatkan pengaturan air antar sel membuatnya sangat sehat untuk kita minum.
  • Fakta nutrisi. Nilai gizi air dalam mg/L adalah sebagai berikut: Natrium (133), kalsium (96), magnesium (38,88), kalium (43,3), bikarbonat (195,4), klorida (163,3), Fluorida (0,72), nitrat (124,8), sulfat (124) dan total alkalinitas terlarut (835).
  • Stimulasi sistem reproduksi. Air zamzam menyebabkan peningkatan  gap junctional intercellular messages dan antibodi connexin 43 di endometrium. Selain itu, zamzam juga merangsang perkembangan jendela implantasi melalui rangsangan Aquaporins karena mengandung fluorida yang tinggi, berkontribusi pada aksi antimikroba yang kuat. Oleh karena itu, air zamzam bertindak sebagai antioksidan karena merangsang oksida nitrat endometrium.
  • Manfaat Anti Tumor. Air zamzam memiliki kandungan onkolitik yang unik dan memiliki efek anti inflamasi yang kuat. Karena itu, air Zamzam memiliki faktor nekrosis antitumor (TNFα) yang kuat dan berpengaruh pada interleukin I (IL1). Air Zamzam memiliki efek aksi onkolitik melalui pengaruh yang tidak disengaja pada imunologi endokrin dan sistem pertumbuhan tubuh alasan lain mengapa air ini sangat bermanfaat bagi kita.

 

Atas nama semua khasiat ini, tidak diragukan lagi air zamzam adalah anugerah dari Allah (SWt) kepada kita karena memiliki semua khasiat yang tidak dimiliki oleh air biasa. Nabi (SAW) mengatakan bahwa air zamzam adalah makanan bergizi dan bukan hanya air. Itu diberkati oleh Allah dan dikatakan sebagai obat untuk semua penyakit.

 

Ibnu Abbas (RA) meriwayatkan bahwa ketika Nabi (SAW) minum zamzam dia mengucapkan doa berikut: "Ya Allah, berilah aku ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah dan obat dari segala penyakit.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement