Rabu 09 Aug 2023 15:26 WIB

Makanan Muslim di Pesawat, Sudahkah Bersertifikat Halal?

Beberapa maskapai menjelaskan mengenai kriteria makanan halal di situsnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Menu makanan di pesawat/ilustrasi
Foto:

Namun, banyak Muslim makan salmon dan udang, dan operator obrolan pelanggan Finnair tidak mengonfirmasi pertanyaan bahwa maskapai tersebut memiliki makanan bersertifikat halal. Padahal, baru saja dijelaskan katering mereka berbeda-beda berdasarkan lokasi.

“Tidak mengandung babi, produk sampingan babi, atau bahan yang mengandung alkohol. Semua daging berasal dari hewan yang disembelih secara ritual. Mungkin tidak tersedia di beberapa penerbangan Eropa,” kata situs web British Airways.

Akan tetapi, mungkin ada yang bertanya apakah proses ritual itu disertifikasi secara resmi oleh lembaga yang kredibel? Email ke British Airways untuk informasi lebih lanjut tidak menerima balasan segera.

Bahkan Garuda Indonesia tidak menjelaskan detail tentang makanannya di situs webnya. Garuda memenangkan World’s Best Airline for Halal Travelers 2016 dalam World Halal Tourism Awards dengan 1,9 juta suara yang diterima dari 116 negara.

Namun, Global Contact Center Garuda membalas pertanyaan dengan menyatakan, "Kami ingin memastikan makanan kami bersertifikat halal, dan bahwa MOML (Makanan Muslim) hanya tersedia di penerbangan Internasional Garuda Indonesia.”

Dari negara mayoritas Muslim lainnya, Turkish Airlines tidak memiliki kategori khusus untuk makanan Muslim, tetapi bilah samping di situs maskapai menyatakan: “Semua makanan yang disajikan di penerbangan Turkish Airlines halal dan disiapkan sesuai dengan persyaratan diet Islami.”

Demikian pula, Emirates Airline mengatakan tentang makanannya: "Semua makanan di penerbangan Emirates cocok untuk Muslim dan disiapkan sesuai dengan metode halal. Tidak mengandung daging babi, alkohol, atau makanan siap saji non-halal."

Menariknya, meskipun Malaysia Airlines menyatakan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement