Sabtu 12 Aug 2023 21:11 WIB

Arab Saudi Izinkan Anak Yatim Piatu Miliki Asuransi Kesehatan Wajib

Asuransi kesehatan kini sudah bisa dinikmati juga oleh anak yatim piatu.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Industri asuransi. Ilustrasi
Foto: change.org
Industri asuransi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH — Dewan Asuransi Kesehatan Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru. Bahwa cakupan asuransi kesehatan kini sudah bisa dinikmati juga oleh anak yatim piatu melalui keluarga angkat mereka.

Cakupan asuransi anak yatim efektif pada tanggal penerbitan sertifikat ID mereka oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial, dan pengirimannya kepada orang tua asuh yang mendapat manfaat dari asuransi kesehatan wajib.

Baca Juga

Cakupan asuransi ini akan dihentikan ketika anak tersebut telah dewasa atau pada usia 25 tahun untuk anak laki-laki, sedangkan untuk anak perempuan, asuransi akan dihentikan ketika mereka menikah.

Asuransi kesehatan mereka juga bisa dihentikan jika kementerian membatalkan hak asuh keluarga angkat atas anak yatim piatu tersebut, misalnya dengan kematian anak yatim piatu, atau berakhirnya pertanggungan orang tua asuh.

Ketua dewan direksi Yayasan Amal Al-Wedad, yang menyelenggarakan perawatan anak yatim piatu, Hussein bin Saeed Bahri mengatakan bahwa asuransi kesehatan wajib yang diterima anak asuh ini bernilai sama seperti anggota keluarga lainnya.

“Terima kasih kepada para pemimpin kami, di mana anak yatim menerima perhatian dan perawatan sejak era pendiri Kerajaan, Raja Abdulaziz,” ujar Bahri dilansir dari Arab News, Sabtu (12/8/2023).

Yayasan ini adalah organisasi Saudi pertama yang berspesialisasi dalam merawat anak yatim berusia di bawah dua tahun. Beroperasi di bawah pengawasan kementerian, menghubungkan keluarga yang memenuhi syarat dengan anak yatim, sesuai dengan standar dan ketentuan yang disetujui.

Iman Al-Farshouti, seorang konsultan sosial, mengatakan anak yatim "memiliki bagian terbesar mereka dalam transformasi dalam Visi Kerajaan 2030, di mana mereka diintegrasikan ke dalam masyarakat dan semua hambatan yang menghalangi mereka dihilangkan.

"Kementerian mengambilnya sendiri untuk merawat anak yatim, mengintegrasikan mereka ke dalam masyarakat, memberlakukan peraturan dan undang-undang yang menjamin hak mereka untuk peduli, kesetaraan dan keadilan, dengan segmen masyarakat lainnya, dan untuk bekerja meningkatkan kondisi dan masa depan mereka untuk menjadi warga negara yang produktif seperti warga negara lainnya,” kata Al-Farshouti.

A l-Farshouti menambahkan bahwa asuransi kesehatan wajib dirancang untuk membantu anak yatim menjalani kehidupan normal dan menjadi anggota masyarakat yang efektif.

Pengacara Saad Shaya mengatakan bahwa asuransi wajib untuk anak yatim piatu asuh adalah perpanjangan dari perawatan Kerajaan untuk mereka.

Dia menambahkan bahwa asuransi kesehatan dan inisiatif lainnya memperbesar ruang lingkup multiplisitas, keragaman, dan kemudahan akses ke fasilitas kesehatan, dengan opsi untuk memilih yang paling tepat di antara mereka. 

“Ini memberi anak yatim asuh perawatan intensif dan cepat, menghasilkan perawatan terpadu untuk mereka, dan mencapai tingkat tertinggi kecukupan yang dibutuhkan dan hasil yang diinginkan,” kata Shaya.

Pengacara lain, Mosaad Al-Enezi, mengatakan keputusan ini bertujuan untuk memberikan perawatan tambahan kepada anak yatim piatu yang tinggal dengan keluarga penerima manfaat dalam implementasi kebijakan negara tentang melindungi hak-hak anak-anak, yaitu anak-anak dari orang tua yang tidak dikenal, dan hak mereka atas perawatan kesehatan yang komprehensif.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2353966/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement