Jumat 18 Aug 2023 07:30 WIB

Tiga Jamaah Haji Pulang dari RS Arab Saudi

Kepulangan jamaah haji dari RS Arab Saudi diurus pemerintah Indonesia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Kasubdit Transportasi dan Perlindungan Jamaah Haj. Foto:  Noer Alya Fitra.
Foto: Kemenag.go.id
Kasubdit Transportasi dan Perlindungan Jamaah Haj. Foto: Noer Alya Fitra.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 pada 17 Agustus 2023, tiga jamaah haji Indonesia diizinkan pulang ke Tanah Air. Sama seperti sebelumnya, kepulangan jamaah ini sepenuhnya diurus oleh pemerintah Indonesia.

Kasubdit Transportasi dan Perlindungan Jamaah Haji Reguler Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), M. Noer Alya Fitra, menyebutkan jamaah haji yang dipulangkan hari ini berjumlah tiga orang.

Baca Juga

Salah satu jamaah ini atas nama Ramlan Bin Achmad Sontel, yang berasal dari Kloter BTH 10 (Riau). Ramlan, ujar dia, diantar pulang ke Indonesia usai menjalani perawatan selama hampir 38 hari di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

"Alhamdulilah, tepat di HUT RI ada tiga jamaah haji sakit di Saudi yang tiba di Tanah Air, karena sudah sehat. Salah satunya adalah bapak Ramlan Bin Achmad Sontel yang pada Kamis, 17 Agustus 2023, pukul 09.00 tiba di Bandara Soetta dengan pesawat Saudi Arabia (SV 816) dari Jeddah ke Soetta," ujar Nafit, sapaan akrabnya, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Jumat (18/8/2023).

Kepulangan Ramlan ke Tanah Air diantar oleh petugas Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah. Sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta, jamaah haji ini dijemput oleh tim dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) untuk selanjutnya diantar ke keluarganya.

Selain Ramlan, ada dua jamaah haji lainnya yang dipulangkan ke Tanah Air. Mereka adalah Omad Ujang yang berasal dari Jawa Barat Kloter JKS 73, serta Marfuah Kabit asal Jawa Timur yang masuk dalam Kloter SUB 88.

“Setelah tiba di Soetta, jamaah akan dilakukan observasi oleh pihak KKP Bandara Soetta. Jika dinyatakan sehat, maka jamaah bisa langsung melanjutkan perjalanan," lanjut dia.

Namun, apabila hasil dari pemeriksaan ini jamaah masih dikatakan belum sehat, maka mereka akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede untuk pemulihan. Hal ini dilakukan agar mereka siap melanjutkan perjalanan menuju daerah asal.

Jamaah haji yang kondisinya sudah kembali sehat secara bertahap mulai dipulangkan ke Tanah Air. Berdasarkan data yang ada, hingga Kamis (17/8/2023) kemarin total jamaah haji sakit yang sudah pulang pasca operasional haji berjumlah enam orang.

Operasional ibadah haji 1444 H/2023 M dinyatakan berakhir oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada 5 Agustus 2023. Saat itu, tercatat ada 77 jamaah haji Indonesia yang dirawat di RSAS Arab Saudi.

Berdasarkan data terkini yang ada, 25 jamaah diantara 77 orang itu telah wafat dan enam orang lainnya telah dipulangkan ke Tanah Air. Dengan demikian, jumlah jamaah yang hingga saat ini masih mendapatkan perawatan sejumlah 46 orang.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement