Jumat 18 Aug 2023 20:50 WIB

Arab Saudi Beri Pengajaran Bahasa China di Sejumlah Sekolah

Kementerian akan mendorong fasilitator dalam proses pengajaran bahasa Mandarin.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Suasana sekolah tatap muka di Arab Saudi, Agustus 2021.
Foto: SPA
Suasana sekolah tatap muka di Arab Saudi, Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Departemen pendidikan di berbagai wilayah dan provinsi di seluruh Arab Saudi telah menyelesaikan prosedur pemilihan sekolah menengah negeri dan swasta. Di tahun ajaran baru ini, Saudi akan menerapkan program pengayaan bahasa China di kelas dua selama semester pertama.

Dalam program tersebut, akan ada sejumlah sekolah yang ditargetkan untuk diberikan pengajaran bahasa China di bawah masing-masing departemen pendidikan, menurut sebuah laporan di harian lokal berbahasa Arab Al-Watan, dilansir Saudi Gazette, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga

Ini merupakan bagian dari pelaksanaan tahap ketiga penerapan sistem jalur yang meliputi pengajaran bahasa Mandarin, kursus baru, proyek kelulusan, bidang pilihan, bimbingan untuk kelas kecakapan, pendidikan hibrida, dan kerelawanan.

Kementerian Pendidikan Arab Saudi akan mendorong fasilitator dalam proses pengajaran bahasa Mandarin. Biasanya, fasilitator berkonsentrasi pada proses pembelajaran dengan mendorong kolaborasi dan belajar mandiri.

Guru lebih fokus pada penyampaian konten, sedangkan fasilitator merangsang diskusi, mengajukan pertanyaan untuk membuat kelompok berpikir, dan mendorong komunikasi antar rekan.

Panduan menteri, yang diberikan kepada departemen pendidikan, menekankan bahwa departemen pendidikan akan membagikan setidaknya satu kelas kecakapan per pekan di seluruh semester, untuk mengimplementasikan program bahasa Mandarin, dan menugaskannya kepada seorang fasilitator. Mereka berperan mendukung dan membimbing siswa untuk belajar mandiri.

Program ini kemudian akan diterapkan kembali pada bagian siswa baru untuk setiap semester, dan bahan pengayaan khusus akan disediakan untuk aplikasi bersama dengan alat evaluasi. Sekolah lainnya memiliki pilihan untuk menerapkan atau berinvestasi dalam kelas kecakapan sesuai dengan apa yang dianggap perlu jika ada keinginan untuk melaksanakan pemberitahuan dari Departemen Pengawasan Pendidikan.

Jumlah target siswa laki-laki dan perempuan di Departemen Pendidikan Al-Ahsa di Provinsi Timur adalah sekitar 2950 siswa laki-laki dan perempuan, termasuk 1.415 siswa laki-laki di delapan sekolah dan 1534 siswa perempuan di 10 sekolah.

Panduan ini menekankan bahwa departemen pendidikan harus aktif dalam pengawasan akademik mereka, memantau tingkat pencapaian jam sukarelawan siswa laki-laki dan perempuan, terutama siswa kelas tiga, dan bekerja untuk menyelesaikan jam sukarelawan sebelum akhir semester delapan. Termasuk menginstruksikan departemen untuk mengkonfirmasi penyediaan peluang sukarela untuk siswa pria dan wanita, dengan perlunya pengawasan dan tindak lanjut.

Berkenaan dengan pendidikan campuran atau hibrida, dikeluarkan arahan ke sekolah-sekolah yang mendesak siswa laki-laki dan perempuan untuk mendaftar pendidikan hibrid. Aplikasi yang diajukan dalam hal ini akan diperiksa oleh kelompok kerja menteri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement