Sabtu 19 Aug 2023 19:42 WIB

BSI & Relawan Bakti BUMN Dorong Kualitas Pendidikan hingga Ekonomi Masyarakat Aceh

Pegawai BUMN didorong untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi karyawan BUMN.
Foto: .
Ilustrasi karyawan BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) bersama Relawan Bakti BUMN Batch IV sukses melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan yang bermanfaat untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan, ekonomi, hingga lingkungan hidup di Meunasah Asan, Aceh. Berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh BSI, BSI Maslahat dan para Relawan Bakti BUMN di Meunasah Asan di antaranya pendidikan yakni perbaikan bangunan sekolah dan mengajar kepada siswa-siswi SD Negeri Meunasah Asan.  

Kemudian di bidang lingkungan berupa penanaman bibit mangrove di kawasan pesisir bersama kelompok Desa BSI dan sosialisasi pentingnya kebersihan lingkungan maupun pengolahan sampah yang baik kepada warga serta pemberian bak sampah mobile. Sedangkan di bidang pengembangan UMK berupa pemberian solar panel sebagai sumber tenaga penggerak kincir pengganti listrik konvensional hingga pelatihan kepada para petani bandeng. 

Baca Juga

Puncak acara Program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini ditandai dengan pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (HUT RI) di Kantor BSI Area Lhokseumawe. 

Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat dimanapun mereka berada. Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat.

 

"Tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para Insan BUMN kepada masyarakat," kata Menteri BUMN, Erick Thohir saat menyampaikan pesannya terkait Relawan Bakti BUMN, Kamis (17/8/2023).

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi, Tedi Bharata juga menambahkan, kegiatan Bakti BUMN ini juga dapat memberikan dampak baik kepada perusahaan berupa peningkatan engagement karyawan kepada perusahaan sekaligus bentuk employer branding bagi perusahaan. Para relawan diharapkan agar terus membawa semangat kontribusi untuk masyarakat baik saat pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN hingga nanti kembali ke perusahaan masing-masing, dan terus menularkan semangat tersebut ke rekan-rekan Insan BUMN yang lain.

Selama kegiatan di Meunasah Aceh, sebanyak 10 relawan tinggal dan menyatu di rumah warga setempat. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para relawan dapat berinteraksi dan bersosialisasi bersama masyarakat sekitar, sehingga dapat berdiskusi langsung dengan masyarakat terkait isu sosial yang relevan dan memberikan masukan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.  

Terkait program ini, SVP Corporate Secretary BSI Gunawan Arif Hartoyo mengatakan, BSI sebagai sahabat financial tak hanya berperan sebagai salah satu penggerak perekonomian di Aceh, melainkan juga sebagai sahabat sosial. 

"Kolaborasi lewat program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini merupakan wujud sahabat sosial dalam bentuk dukungan komitmen BSI untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negeri," kata Gunawan.

Menurutnya, program ini telah memberikan pengalaman baru kepada para insan BUMN dalam mengetahui persoalan yang terjadi di tengah masyarakat Aceh, serta memberikan berbagai solusi bagi persoalan yang terjadi, khususnya di Desa Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Aceh Timur. 

“Saya berterima kasih atas partisipasi para Relawan di Meunasah Asan yang memberikan kontribusinya dalam peningkatan kapabilitas masyarakat desa untuk pengolahan ikan bandeng yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa,” kata Gunawan.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN mengadakan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV untuk meningkatkan jiwa kerelawanan bagi para karyawan BUMN. Program ini serentak dilaksanakan pada 15 – 17 Agustus 2023 di 10 titik lokasi yakni Meunasah Asan-Acah, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali dan Lombok-NTB, dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yg merupakan karyawan dari 54 BUMN.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement