Jumat 01 Sep 2023 06:04 WIB

Beberkan Plus Minus Umroh Mandiri, Himpuh Tegaskan Bisnis Travel Tetap akan Kokoh  

Umroh mandiri mempunyai kekurangan dan kelebihan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Jamaah Umroh (ilustrasi).Umroh mandiri mempunyai kekurangan dan kelebihan
Foto: Republika/Prayogi
Jamaah Umroh (ilustrasi).Umroh mandiri mempunyai kekurangan dan kelebihan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Demi ibadah umroh, umat Islam mencari jalan semudah mungkin terutama dalam hal biaya. Salah satunya dengan melakukan umroh mandiri. 

Sekretaris Jenderal Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji (HIMPUH), M Firman Taufik, pun menjelaskan kelebihan umroh mandiri. 

Baca Juga

Bahwa jamaah tidak perlu berurusan dengan hal yang rumit seperti menghubungi agen travel karena semua persiapan hingga keberangkatan dilakukan sendiri seperti booking tiket penerbangan, hotel, visa dan sebagainya.  

"Hanya saja umroh mandiri tetap memiliki kekurangan secara umum jamaah akan mendapat harga yang lebih mahal dibanding lewat travel. karena travel pergi dalam grup, kalau ada yang dapat lebih murah itu kondisional saja, tidak semua bisa dapat," ujar dia kepada Republika.co.id, Kamis (31/8/2023). 

Selain itu transaksi langsung dengan pihak asing rawan jika terjadi wan prestasi. Maka urusannya akan berlarut-larut atau bahkan berpotensi tidak dapat klaim sama sekali (tidak ada perlindungan hukum). 

Firman pun menilai umroh mandiri ini tidak melihatnya sebagai ancaman, karena umroh atau haji itu  adalah bisnis kepercayaan. Setidaknya kalau kelak umroh mandiri  semakin marakpun, tetap presentasenya tidak sebesar yang tetap bepergian dengan travel resmi. 

"Justru yang jadi masalah adalah mereka yang terlibat dalam penyelenggaraan umroh mandiri ini (terutama jamaah dan fasilitator visa umroh) tidak paham bahwa tindakan mereka melawan hukum," jelas dia. 

Pada UU 8 thn 2019 jelas disebutkan bahwa penyelenggaraan umroh hanya dapat dilakukan oleh PPIU yang nota bene adalah perusahaan swasta yang memiliki lisensi sebagai penyelenggara umroh. Sanksi hukumnya kurungan penjara atau denda yang tidak main-main jumlahnya. 

Baca juga: 2 Buah Surga yang Ada di Dunia dan Diabadikan Alquran, Atasi Asam Urat Hingga Kanker

Bagi yang memiliki budget pas-pasan atau berhemat, bisa mencoba umroh mandiri. Sebab, ini bisa memakan biaya setengah dari harga yang ditawarkan biro wisata. 

"Kalau konsepnya backpaker-an iya jadi murah, sekamar rame-rame, jarak hotelnya jauh, room only, makannya jajan. kalau pakai hotel malah lebih mahal karena akan kena harga individual," jelas dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement